UY0EvzZgeEEo4KiQ1NIivy9VYY1PQHFF9n6p7Enr
Bookmark

Kopi Lumpur Ramuan Herbal Untuk Menjaga Stamina

SUARA BANTAS. Kopi lumpur merupakan kopi tradisional yang diracik untuk menjaga kesehatan, proses pembuatannya : bubuk kopi dimasukan pada batang bambu : kemudian batang bambu tersebut direndam dalam lumpur dengan masa rendam 7, 9, 11, 21 hari bahkan sampai bulan pitung dina atau 42 hari kalender Bali berdasarkan konsep wariga, semakin lama perendaman maka cita rasa kopi semakin gurih, memiliki aroma kopi berkelas. 


Cara minum Kopi Lumpur pun beda, disajikan dengan gelas yang berbahan batok kelapa, sebab batok kelapa dipercaya sebagai penetralisir racun. Tata cara minum Kopi Lumpur, langkah pertama gigit batang sereh kemudian minum Kopi Lumpur, rasa sereh memberi rasa unik pada kopi, seruput pelan-pelan dan rasakan kopi ini jeg mantap bro apalagi ditemani pisang goreng, agar lebih nikmat kopi ini dicampur dengan gula aren. 

Kopi lumpur merupakan formula warisan turun-temurun keluarga I Putu Erawan, SH.,MM asal Br. Batugaing, Desa Beraban, Tabanan. Diceritakan pada zaman dulu Kopi Lumpur sebagai ramuan usadha yang digunakan untuk menjaga stamina dan kesehatan, tidak bikin seret "pungkas Putu Erawan". Bagi masyarakat yang ingin mencoba Kopi Lumpur, Kopi Herbal Usadha silahkan mampir ke WARUNG ANYAR Jl.Raya Tanah Lot, Br. Batugaing, Desa Beraban Tabanan.