UY0EvzZgeEEo4KiQ1NIivy9VYY1PQHFF9n6p7Enr
Bookmark

BPR Sedana Murni Edukasi Dan Literasi Keuangan Untuk Anggota Subak Teben Telabah Desa Belimbing


SUARA BANTAS. Sesuai peraturan pemerintah dalam upaya  meningkatkan pemahaman masyarakat tentang peran dan fungsi lembaga keuangan kepada masyarakat. BPR Sedana Murni menyelenggarakan kegiatan edukasi dalam rangka meningkatkan literasi keuangan kepada anggota Subak Teben Telabah, Desa Belimbing, Kecamatan Pupuan Rabu, (13/6/2018) bertempat di Balai Subak Desa Belimbing yang dihadiri sekitar 120 orang anggota subak. Peserta diberikan pemahaman tentang, pengertian bank,  jenis-jenis bank dan  funsi bank, serta produk-produk perbankkan secara umum oleh team BPR Sedana Murni.
 
Literasi Edukasi BPR Sedana Murni kepada anggota subak Teben Telabah
Pelaksanaan literasi dan edukasi ini sesuai dengan SE OJK no. 1/SEOJK.07/2014 serta peraturan OJK no. 1/POJK.07/2013 tentang perlindungan konsumen sektor jasa keuangan.
Dipaparkan oleh  Nyoman Suita Direktur Utama BPR Sedana Murni di Bali ada 137 BPR sementara di Kabupaten Tabanan ada 19 dan BPR Sedana Murni termasuk wilayah barat. Pemahaman kepada masyarakat tentang perbankan merupakan himbauan wajib dari OJK  jangan sampai masyarakat kena investasi bodong. Nyoman Suita menambahkan kami memilih kegiatan edukasi dan literasi keuangan di desa Belimbing karena sebagian besar terutama anggota subak sudah menjadi nasabah kami, disampaikan kepada anggota subak bahwa menyimpan dana di BPR Sedana Murni  aman karena sudah dijamin LPS ( Lembaga Penjamin Simpanan ) tiap 6 bulan bayar iuran 60 jutaan ke pemerintah “ujar Nyoman Suita.

BPR Sedana Murni memiliki 5 produk tabungan diantaranya : SIMAU (simpanan masyarakat umum) merupakan tabungan harian sewaktu bisa ditarik dengan suku bunga 5 persen pertahun, SI IDA (Simpanan Dana Idaman Keluarga)  suku bunga 8 persen pertahun merupakan tabungan berjangka dengan minimal 50 ribu tiap bulan , nasabah bisa merancang merencanakan masa depan pendidikan anak. 

Ada juga produk Tabunganku 4% per tahun dan Simpanan Pelajar bunganya 5 % per tahun , simpanan pelajar merupakan program budaya menabung dari usia dini, disebutkan pihak sekolah SDN 1 dan SDN 2 Bajera merespon sangat baik program simple ini. Untuk deposito dengan jangka waktu  3, 6, 12, 24 bulan dan mengikuti aturan SE LPS No.8 Tahun 2018,  suku bunga periode 06 Juni – 17 September 2018 ketentuan bunga deposito sebesar  0,71 per bulan disini simpanan sangat aman sebab  sudah ada jaminan dari LPS  tabungan dan deposito saldo diatas Rp. 7,5 juta bunganya kena pajak 20% “. 

Dihimbau kepada anggota subak mohon hati-hati bila ada lembaga keuangan yang memberikan bunga melebihi suka bunga bank “ ujar I Wayan Adnyana.

Tentang kredit dipaparkan secara ringkas  oleh I Wayan Sugihana, ada kredit konsumtif, ktredit investasi , kredit modal kerja dengan bungan 1,75 persen ada yang menurun murni dan anuitas disesuaikan dengan kemampuan.  Persyaratan pengajuan kredit : foto copy KTP suami/istri, KK dan foto copy jaminan. Bila sudah lengkap kemudian disurvey, biaya administrasi 2,5 persen dan ada biaya asuransi jiwa. Aturan di BPR Sedana Murni memang ketat dan ada BI cheking sebagai kelayakan calon nasabah yang akan mengajukan permohonan kredit.

Pada akhir acara BPR Sedana Murni memberikan bantuan dana punia sebesar Rp. 2 juta kepada  Subak Teben Telabah desa Belimbing yang diserahkan Direktur BPR Sedana Murni I Nyoman Suita yang diterima Pekaseh . Termasuk penyerahan doorprize.