UY0EvzZgeEEo4KiQ1NIivy9VYY1PQHFF9n6p7Enr
Bookmark

Peduli Sosial Yayasan Tri Murti Nusantara Di Dusun Buluh Desa Songan

SUARABANTAS.COM, Bangli-Selain pengobatan dan general check up gratis kepada anggotanya, Yayasan Tri Murti Nusantara juga memberikan bantuan sosial kepada masyarakat yang tidak mampu. Kegiatan bansos dilaksanakan di Dusun Buluh, Desa Songan, Kintamani Sabtu, (28/5) pembagian sembako sebanyak 50 paket. Program ini adalah murni pengabdian kepada masyarakat khususnya kepada anggota Yayasan Tri Murti Nusantara, bermanfaat bagi masyarakat sesuai visi-misi yayasan tanpa ada kepentingan apapun yang dilandasi nilai-nilai spirit ngayah, senantiasa berkarma baik, "ujar Jero Ayu Parwati Ketum Yayasan Tri Murti Nusantara.

Terwujudnya program bansos ini, turut dibantu oleh Jro Koko, Jro Mirah dari Semeton Welas Asih ikut memberikan bantuan tali kasih kepada anggota Yayasan Tri Murti Nusantara terutama yang kurang mampu di Dusun Buluh, Desa Songan. Niat baik Yayasan Tri Murti Nusantara memberikan bantuan sembako mendapat apresiasi dari Kaur Kewilayahan setempat Jro Suarta, dan juga disambut baik oleh tokoh masyarakat setempat Jro Gede Maruta atas kepedulian Yayasan Tri Murti Nusantara kepada warganya serta berterima kasih kepada pihak yayasan yang telah melaksanakan kegiatan sosial seperti pengobatan gratis, "ungkapnya.

Jero Ayu Parwati memaparkan masyarakat yang sebelumnya mendapatkan pengobatan gratis dari Yayasan Tri Murti Nusantara ada yang sudah sembuh dari penyakitnya seperti sakit maag, jantung dan hipertensi mereka terbantu kesehatannya setelah mendapat pengobatan gratis dari Yayasan Tri Murti Nusantara.

Kedatangan Yayasan Tri Murti Nusantara rencananya tiba pukul 08.00 wita karena cuaca hujan sekitar jam 11.00 wita baru tiba di Pura Ulundanu. Lokasi menuju Dusun Buluh sangat ekstrim sehingga jam 14.00 wita baru sampai di Dusun Buluh, Desa Songan. Pihak Yayasan Tri Murti Nusantara memberikan layanan kesehatan gratis dari jam 14.00-21.00 wita yang disambut antusias masyarakat setempat.

Sementara Jro Suarta Kawil Dusun Buluh juga ikut general check up dan berobat. Karena keterbatasan waktu Yayasan Tri Murti Nusantara bersama team usadha hanya mampu melayani sampai 80 orang saja. Mereka mendapat layanan kesehatan gratis medis dan non medis. Masyarakat sangat antusias untuk berobat, sebab faskes untuk diwilayah ini cukup jauh. Pihak Yayasan memberikan obat herbal yang sudah ada Ijin BPOM dan Dinkes, herbal aman bila dikonsumsi serta tidak ada efek samping.

Karena keterbatasan ekonomi masyarakat sekitar enggan untuk berobat. Salah satu warga yang bernama I Wayan Ragia menuturkan, "jangankan ke dokter beli obat, untuk beli beras saja kami susah hanya bisa makan cacah dan sayur itu pun hanya saat Galungan saja beli beras, "ungkap I Wayan Ragia kepada Jro Ayu Parwati Ketum Yayasan Tri Murti Nusantara. Jro Mangku Sri warga Dusun Buluh Ia mengatakan rumah, tanah, sawah tidak punya karena dulu sempat transmigrasi.

Berdasarkan pantauan langsung Ketum Yayasan Tri Murti Nusantara Jro Ayu Parwati ke lokasi ada sekitar 350 KK yang belum punya rumah dan belum mendapatkan bantuan bedah rumah. Harapan warga yang rumahnya tidak layak huni agar bisa dapat bedah rumah atau bantuan kasur kecil agar layak untuk tidur.

Masyarakat yang telah mendapat bantuan sembako dan pelayanan pengobatan gratis mengucapkan terima kasih kepada Ketua Umum Yayasan Tri Murti Nusantara beserta jajarannya yang turut hadir pada kesempatan tersebut.

Harapan masyarakat setempat, semoga mereka bisa mendapat pelayanan pengobatan agar bisa tertolong, "dibantu dalam kesehatan. Ucapan terima kasih juga kepada Semeton Welas Asih yang turut berpartisipasi dalam program bansos ini, masyarakat mendoakan semoga sehat, lancar rejeki dan panjang umur. 

Ketum Yayasan Tri Murti Nusantara menambahkan agenda program sosial ini merupakan program jangka pendek dan berkelanjutan dengan saling berbagi membantu sesama. Program berikutnya adalah Yadnya massal dengan tujuan untuk meringankan beban ekonomi masyarakat.

Menyadari keterbatasan yang ada dalam mewujudkan program sosial ini Jro Ayu Parwati berharap semoga Ida Sanghyang Widhi Wasa mengetuk hati para darmawan atau pihak terkait yang punya hati mulia, terutama yang memiliki rejeki lebih untuk saling berbagi dan bersinergi dengan Yayasan Tri Murti Nusantara meringankan beban saudara kita yang kurang mampu, "pungkasnya. (Adi)