UY0EvzZgeEEo4KiQ1NIivy9VYY1PQHFF9n6p7Enr
Bookmark

Pemlaspasan Udel Pekurenan, Ngingsirang Pelinggih Samar Gamang Di Br. Adat Bantas Bale Agung Kapuput Ida Pandita Griya Teguh Wana

SUARABANTAS.COM,Selemadeg Timur-Ngingsirang lokasi Pelinggih Samar Gamang di depan Bale Banjar, Br. Adat Bantas Bale Agung Kamis, (19/5/2022) pukul 09.00-11.00 wita, karena ada permohonan dari pihak pengembang yang membangun 4 unit ruko. Lokasi awal Pelinggih berada ditengah, kurang pas dengan posisi bangunan ruko dan kenyamanan parkir. Berdasarkan permohonan tersebut dan kesepakatan masyarakat, "lokasi Pelinggih Samar Gamang disetujui untuk dipindah kepojok sebelah utara agar lebih representatif. Biaya upakara dan pembelian pelinggih ditanggung oleh pihak pengembang. 

Rangkaian Yadnya Pemlaspasan Udel Pekurenan dirangkai dengan ritual mulang dasar, ngetok lait, melaspas, mecaru, melas karang, ngrapuh, ngingsirang, mrelina, nglinggihang, dan untuk bangunan ruko ngulap ngambe prayascita widhi, "kapuput Ida Pandita Griya Teguh Teguh Wana, Desa Tangguntiti.

Keberadaan Pelinggih Samar Gamang tersebut untuk selanjutnya tidak perlu ada pengodalan, sebab secara tingkatan Manusia lebih tinggi statusnya. Setiap piodalan di Pelinggih Bale Banjar cukup ngejot saja, berdasarkan petunjuk Ida Pandita sane muput.

Hadir pada kesempatan tersebut Jro Mangku Bale Banjar I Wayan Gita, Jro Klihan Adat Br. Bantas Bale Agung yang di wakili I Wayan Sadia, Jro Mangku I Ketut Dwija/Pak Nia, Jro Mangku Putu Astawa/Pak Riski, Jro Mangku Istri Bhatara Lingsir Ni Ketut Suparni, Jro Mangku Pan Soma. Pengembang Pak Nyoman dan I Made Sunarya serta semeton pengayah. (Adi)