UY0EvzZgeEEo4KiQ1NIivy9VYY1PQHFF9n6p7Enr
Bookmark

P4S Sriwijaya Bekerjasama Dengan PT. Olasih Sejahtera Abadi Produksi Asap Cair Untuk Kesehatan dan Pengawet Alami

SUARA BANTAS. PT. Olasih Sejahtera Abadi alamat Klungkung - Bali memproduksi asap cair berbahan baku tempurung kelapa dengan grade satu yang mampu membantu menyembuhkan berbagai macam penyakit seperti : bronkhitis, flu, batuk, kusta, amandel, kanker payudara, diabetes, stroke, kolesterol, asam urat, asam lambung, virus corona dan sariawan.

PT. Olasih Sejahtera Abadi bekerjasama dengan P4S Sriwijaya Desa Gadungan Tabanan produksi asap cair Grade 1 berbahan baku tempurung kelapa bermanfaat untuk kesehatan "anti virus" dan sebagai pengawet organik

Sementara asap cair grade 3 untuk tanaman, asap cair grade 2  untuk hewan dan grade 1 itu untuk manusia. Asap cair bermanfaat untuk menjaga dan meningkatkan imunitas tubuh, sehingga berguna untuk menjaga kesehatan agar terhindar dari bakteri maupun virus termasuk virus corona atau penyakit covid-19

Cara pencegahan dan pengobatan
Diminum 1 sendok teh/hari untuk dewasa , anak-anak 7-12 tahun 1/2 sendok teh/hari 
sementara untuk balita diminum oleh ibunya 1 minggu 2 kali, 3 kali minum setelah makan

Bisa juga 1 sendok makan diminum setiap hari untuk membantu penyembuhan penyakit.

Asap cair bisa digunakan untuk membantu menyembuhkan sariawan atau sakit gigi/gusi dengan cara kumur-kumur selama 1 menit

Asap cair (liquid smoke) merupakan bahan pengawet alami salah satunya berbahan baku dari tempurung kelapa. Seperti namanya asap cair, ini memiliki bentuk cair dengan warna yang bervariasi dari kuning pekat sampai kuning jernih, tergantung kualitasnya.

Asap cair sudah biasa digunakan sebagai bahan pengawet alami untuk : bumbu-bumbu barbeque, ikan, tahu, mie, bakso atau daging. Keuntungan penggunaan asap cair sebagai bahan pengawet alami adalah mampu menjaga kadar protein dan lemak yang terkandung dalam bahan tersebut, jika dibandingkan dengan bahan pengawet yang lain.

Selain berfungsi sebagai bahan pengawet makanan, asap cair juga dapat digunakan sebagai bahan baku kosmetik, disinfektan, pengusir hama, hingga menjadi penyubur tanah dan pupuk. Saat ini, asap cair banyak dijual dengan berbagai tingkat kemurnian, dari tingkat yang paling rendah atau yang disebut grade 1 hingga tingkat yang paling tinggi yaitu grade premium. Semakin tinggi kemurnian atau grade dari asap cair, semakin tampak jernih dan semakin tinggi konsentrasi kandungannya.

Pembuatan asap cair dapat diperoleh melalui proses pemanasan dan pembakaran secara tidak langsung yang disebut pirolisis dengan suhu akhir mencapai 400 derajat celsius nantinya asap cair yang diperoleh dari proses ini mempunyai warna hitam pekat karena terdapat kandungan tar.

Untuk menghilangkan kandungan tar tersebut, asap cair akan didiamkan kurang lebih selama 48 jam, kemudian dilakukan proses penyaringan menggunakan kertas saring. Hasil saringan tersebut kemudian dimurnikan kembali melalui proses pemurnian yang disebut distilasi dengan suhu 120 derajat celsius untuk menghasilkan suatu asap cair yang murni.

Minggu, (18/10) selaku pihak manajemen Putu Sumardika dari PT. Olasih Sejahtera Abadi menyampaikan kepada Suara Bantas bahwa untuk proses produksi dan ketersediaan bahan baku pihaknya sudah sepakat menjalin kerjasama dengan rekan-rekan praktisi pertanian yang terwadah dalam organisasi P4S Sriwijaya yang berlokasi di Desa Gadungan, Kecamatan Selemadeg Timur, Tabanan. 

Mengenai pasar untuk asap cair ini dari grade 1, 2, 3 memiliki manfaat tersendiri dan dikatakan pasarnya masih terbuka sehingga banyak dibutuhkan sebab asap cair bermanfaat bagi manusia, hewan dan tanaman. Putu Sumardika menambahkan saat ini kami masih tahap awal pengembangan, "ujarnya.

Asap cair Grade 1 merk Andus Dewata produksi PT. Olasih Sejahtera Abadi

Pada kesempatan tersebut Ir. Nyoman Wira Adnyana selaku Pengelola P4S Sriwijaya menyambut baik kerjasama yang ditawarkan oleh PT. Olasih Sejahtera Abadi untuk memproduksi asap cair. Kami P4S Sriwijaya juga memproduksi minyak VCO organik, sebelumnya tempurung kelapa hanya untuk dijadikan arang, dengan produksi asap cair berbahan tempurung kelapa, tentunya hal ini akan menambah nilai ekonomis usaha P4S Sriwijaya limbah jadi berkah, "pungkasnya. (Adi)