UY0EvzZgeEEo4KiQ1NIivy9VYY1PQHFF9n6p7Enr
Bookmark

Khusus Untuk Ritual Joged Deha Sari Sanggar Seni Jegeg Bagus

SUARA BANTAS. Joged Bumbung Deha Sari Sanggar Seni Jegeg Bagus pentas menari Kamis, (24/12) "acara naur sesangi I Gede Bagus Abi Pranata usia 1 tahun" di Desa Bantas, Br. Bale Agung, Kecamatan Selemadeg Timur, Tabanan. Disampaikan oleh pemilik sanggar bahwa keberadaan Sekaa joged ini bukan untuk hiburan namun untuk kegiatan ritual, "terang Budi Susila.

Mendapat undangan pentas menari joged dalam rangka naur sesangi dilaksanakan dengan sederhana tanpa membawa alat - alat gamelan. Gerakan tari joged bumbung bersifat lincah, bebas, dan dinamis mulai dari gerak tangan hingga mata penari, anak-anak sanggar membawakan tari joged bumbung deha sari dengan baik. Musik joged bumbung diputar melalui loud speaker saja sebab situasi pandemi covid-19 dan protokol kesehatan wajib untuk dipatuhi, "pungkas Budi Susila. 


Dan pihak keluarga mengucapkan terima kasih kepada Sekaa Joged Deha Sari Sanggar Seni Jegeg Bagus, naur sesangi jejogedan secara niskala sudah ditepati, sebab selama ini lama tertunda, walau dilaksanakan dengan sederhana namun tanpa mengurangi makna ritual, yang dirangkai dan ditutup dengan syukuran acara ulang tahun. Joged bumbung merupakan salah satu tarian tradisional dan pergaulan di Bali. Biasanya tari ini dipentaskan dalam acara sosial kemasyarakatan di Bali, tari joged ini menjadi tari pergaulan masyarakat Bali yang kemudian menjadi sebuah tradisi yang perlu dilestarikan sesuai pakemnya. (Adi)