UY0EvzZgeEEo4KiQ1NIivy9VYY1PQHFF9n6p7Enr
Bookmark

P4S Sriwijaya Menyelenggarakan Edukasi Dan Pengenalan Proses Pembuatan Asap Cair Dengan Sistem Distilasi

SUARA BANTAS. Komunitas Pengusaha Bisnis Jaringan bekerjasama dengan Pusat Pelatihan Pertanian Pedesaan Swadaya menyelenggarakan kegiatan diskusi dan pengenalan proses produksi asap cair bertempat di P4S Sriwijaya Desa Gadungan, Tabanan Minggu, (10/1) implementasi Jnana Yadnya.

Tami Suharto, S.T. menjelaskan sistem destilasi kepada peserta proses pembuatan asap cair Minggu, (10/01/2021) di Pusat Pelatihan Pertanian Pedesaan Swadaya (P4S Sriwijaya) Desa Gadungan Tabanan 

Selaku narasumber Tami Suharto menjelaskan grade 1 (satu)  asap cair mampu menyembuhkan berbagai penyakit caranya : campurkan 3 tetes asap cair ke segelas air hangat" kuku untuk rasa" bisa ditambah gula, lebih baik lagi kalo dicampur madu, gula batu ato gula aren. Diminum pagi hari langsung setelah bangun tidur, dan saat mau tidur. Bagus untuk jaga stamina, masuk angin, maag, kontrol gula darah, jantung dan sulit tidur.

Selain itu manfaat asap cair grade 1 sebagai berikut : 
  • Sakit kulit : disemprotkan pada yg sakit ( luka baru, panu, bisul, eksim dll)
  • Sakit otot dan tulang : satu tutup botol di campur air 5 tutup botol, di urut searah di daerah yg sakit.
  • Ketombe : setelah keramas bersih, di semprotkan di kulit kepala
  • Keputihan : 2 tutup botol di campur air bersih, untuk cebok.
  • Ambeien / wasir  di pake cebok juga di minum.
  • Covid-19 : diminumkan seperti diawal plus inboss 8, diminumkan per 4 jam sekali.
  • Sariawan dan sakit gigi  : kumur ukuran 1 sendok makan
  • Handsanitizer : ambil beberapa tetes di usap di tangan.
Sementara grade 2 (dua)  asap cair bermanfaat untuk hewan, grade 3 (tiga) untuk tanaman . Asap cair tempurung kelapa ternyata banyak kegunaannya, bahkan bisa menjadi alternative sebagai bahan pengawet makanan pengganti formalin. 

Asap cair produksi P4S Sriwijaya

Sebelumnya Tami Suharto, S.T. menjelaskan teknologi distilasi adalah suatu sistem pemisahan atau pemurnian dengan memanfaatkan perbedaan temperatur titik didih, jadi P4S Sriwijaya mengembangkan produk distilasi dan bahan baku limbah pasca produksi VCO yaitu tempurung kelapa diproses dengan alat yang bernama pirolisis kemudian diembunkan atau dikondensasikan dengan pendinginan temperatur air normal sehingga keluar titik - titik air dari proses pengembunan asap tersebut.

Peserta edukasi asap cair terwadah dalam Komunitas Pengusaha Bisnis Jaringan setelah mendapatkan penjelasan tentang sistem distilasi

Tami Suharto menambahkan  hasil yang didapat adalah asap cair 3 (tiga) yang pertama, mengandung fenol dan sarin cukup tinggi, tentunya hal ini sangat bermanfaat untuk dunia pertanian sebagai pupuk dan pengendali hama. Selanjutnya masuk ke proses distilasi akan menghasilkan grade 2 (dua) berguna untuk pengawet bahan makanan yang bisa disimpan tanpa freezer.

Dari grade 2 (dua) dilakukan distilasi sampai menemukan pemurnian yang mendekati fisiknya seperti air putih, tergantung sistem distilasinya kemungkinan 4-5 kali. Distilasi premium atau asap cair grade 1 (satu) banyak manfaatnya selain sebagai pengawet alami distilasi 1 juga sebagai obat untuk beberapa penyakit.

Setelah diberi penjelasan peserta kemudian diajak ketempat distilasi. Dijelaskan untuk pembuatan asap cair grade 1 butuh pengawasan intensif dibutuhkan waktu hingga 2 minggu, saat ini P4S Sriwijaya sedang proses pengajuan ke BPOM dan hak paten sebab mereka yang telah mengalami kondisi sakit setelah diberi asap cair kondisi imun mereka meningkat dan membaik.

Kondisi kesehatan dipengaruhi asam dan basa dalam tubuh, asap cair grade 1 mampu mendetok toksin/racun dalam tubuh dan membuat tidur nyenyak, saat ini belum bisa memenuhi permintaan produksi asap cair karena terkendala bahan baku, "imbuh Tami Suharto.

Untuk mendapatkan asap cair kualitas premium, Tami Suharto menceritakan sampai melakukan uji coba 20 kali percobaan. Upaya dan semangat ini dilakukan sebagai bentuk empati dengan kondisi masyarakat yang saat ini sangat rentan kena covid-19 dalam artian bisa berkontribusi untuk masyarakat dengan menciptakan sesuatu yang bermanfaat. Tami Suharto menambahkan produksi asap cair produksi P4S Sriwijaya sudah mendapat apresiasi dari dinas terkait, karena mampu mengembangkan sistem distiliasi dengan baik dan mandiri dengan menghasilkan produk asap cair berkualitas dengan memanfaatkan limbah tempurung kelapa sebagai bahan baku. 

Tami Suharto yang pernah belajar pertanian di Jepang mendapat ragam pertanyaan dari peserta diantaranya bagaimana cara mengatasi hama siput / kakul kuning yang ternyata bisa diatasi dengan ekstrak kulit telur dicampur dengan abu awon, tips cara menanam cabe dengan memanfaatkan ekstrak bawang dan asap cair, budidaya gumitir dan sebagainya peserta antusias mendengarkan pemaparan Tami Suharto selaku narasumber.

Disampaikan asap cair grade 1 produksi P4S Sriwijaya efektif untuk mengatasi virus corona dan ini pernah diuji coba oleh salah satu petugas medis Putu Sudarmika bertugas di Rumah Sakit Klungkung dan diberikan kepada yang terpapar covid-19 sekitar 70 an orang hasilnya sungguh luar biasa dikatakan kondisi mereka cepat pulih setelah minum asap cair, "papar Putu Sudarmika.

Ir. Nyoman Wira Adnyana selaku Ketua P4S Sriwijaya berharap kepada rekan-rekan Komunitas Pengusaha Bisnis Jaringan, dalam hal ini nantinya diharapkan bisa turut membantu memperkenalkan asap cair grade 1, 2 dan 3 produksi P4S Sriwijaya untuk disampaikan ke masyarakat, selain untuk kesehatan asap cair dengan sistem distilasi ini sangat mendukung keberadaan dunia pertanian sesuai visi - misi P4S Sriwijaya mengimplementasikan teknologi terbaharukan dan upaya menjaga kelestarian alam, "ujarnya. (Adi)