UY0EvzZgeEEo4KiQ1NIivy9VYY1PQHFF9n6p7Enr
Bookmark

Beras Sehat Potensi Pertanian di Tabanan, Pola Tanam Organik Mengembalikan Kesuburan Tanah Wujudkan Itu P4S Sriwijaya Akan Menggandeng Dinas Pertanian dan Majelis Subak

SUARA BANTAS. Untuk menjaga kelestarian alam P4S Sriwijaya melakukan pola tanam dengan sistem organik,  keuntungan melakukan pola tanam organik dapat mengembalikan kesuburan tanah salah satunya dengan penambahan pupuk organik. Selain itu pola tanam organik akan  mempertahankan ekosistem, memberikan keseimbangan pada alam, menjaga kesuburan tanah sebab pola organik bisa memperbaiki dan menjaga Ph tanah. 

Lahan P4S Sriwijaya luas 40 are lokasi di Subak Bantas Bale Agung Desa Gadungan, Ir. I Nyoman Wira Adnyana mengatakan hampir 20 tahun melakukan pola tanam organik tanpa menggunakan zat-zat kimia untuk produksi beras sehat, wujud nyata untuk melestarikan lingkungan melalui pertanian pola organik

Sementara limbah pertanian bisa dikurangi, kualitas air lebih aman untuk dikonsumsi, dengan pola organik sudah pasti dapat meningkatkan populasi mikroorganisme tanah. Upaya menjaga kelestarian alam P4S Sriwijaya sudah melakukan kegiatan pola organik dimulai sekitar 20 tahun lalu hingga sekarang. Secara konsisten Nyoman Wira Adnyana pemilik P4S Sriwijaya melakukan budidaya tanaman padi tanpa pestisida.

Memanfaatkan lahan sawah miliknya seluas 40 are yang berlokasi di Subak Bantas Bale Agung sebagai bentuk kepedulian pada alam Nyoman Wira Adnyana terus komitmen mempraktekkan budidaya tanaman padi dengan pola organik, seperti menanam bibit padi IF16 ( 25 are masa panen 90 hari ) dan padi Merah Wangi (15 are masa panen 110 hari ) semuanya dengan sistem tanam organik tanpa pestisida. Dikatakan permalai atau jumlah biji untuk bibit padi IF16 300-400 sedangkan bibit Merah Wangi 200-300 permalai, dengan pola tanam jajar legowo 21, "terangnya. 

Lahan sawah yang seluas 40 are tersebut, kegiatan penanaman padi dengan sistem organik bertujuan sebagai sampling dan pembelajaran tentang organik yang sejalan dengan visi - misi Pusat Pelatihan Pertanian Pedesaan Swadaya sebagai wadah pengembangan teknologi pertanian dalam upaya mendukung pelestarian alam dengan perilaku organik, "ujar Nyoman Wira Adnyana kepada Suara Bantas Senin, (19/4/21) di Desa Gadungan Br. Carik Kauh Selemadeg Timur.

Mengenai hama penyakit penangananya kami menggunakan Asap Cair 3 sebagai pupuk dan pestisida alami, murah dan efektif. Persatu tangki dengan kapasitas 14-16 liter cukup diisi dengan Asap Cair 3 seukuran setengah gelas air mineral dan juga bisa dicampur dengan pupuk yang lain. Selain murah Asap Cair 3 terbukti meningkatkan kualitas hasil pertanian serta ramah lingkungan. 

Asap Cair 3 produksi P4S Sriwijaya bisa digunakan untuk pupuk dan sebagai pestisida alami untuk menanggulangi hama

Konsisten menerapkan pola tanam  organik Nyoman Wira menambahkan untuk budidaya padi organik juga perlu disiapkan Andungan disetiap pojok pemasukan air bertujuan memfilter air masuk ke sawah serta ditanami enceng gondok, guna menyerap zat-zat kimia.
Mengembalikan kesuburan tanah dari pola kimia membutuhkan waktu sekitar 4-5 tahun.

Wujud nyata kepedulian P4S Sriwijaya terhadap lingkungan dan kesehatan masyarakat dengan sistem pertanian organik secara berkesinambungan, digerakkan melalui kelompok - kelompok subak P4S Sriwijaya agar tetap menerapkan budidaya tanaman padi secara organik baik sekala besar maupun kecil agar lingkungan tetap lestari demi generasi berikutnya.

Andungan disetiap pojok pemasukan air bertujuan memfilter air masuk ke sawah serta ditanami enceng gondok, guna menyerap zat-zat kimia.

Bila mendapat dukungan dari dinas terkait, hingga saat ini P4S Sriwijaya sudah memiliki standar yang layak untuk memproduksi beras sehat dengan konsep ramah lingkungan tanpa zat kimia selain itu pengembangan riset bibit berkualitas sudah menjalin kerjasama dengan AB2TI (Asosiasi Bank Benih  dan Teknologi Tani Indonesia), jika semua komponen pelaku pertanian termasuk stake holder menerapkan pola organik memproduksi beras sehat, kenapa hal ini penting ? Sebab berdasarkan riset dan praktek P4S Sriwijaya sistem pertanian penanaman padi dengan tanam organik yang mengarah ke beras sehat akan memberikan tiga manfaat yaitu : (1). Untungkan petani, (2). Sehatkan konsumen, (3). Lestarikan lingkungan. 

Beras sehat, untungkan petani, sehatkan konsumen, lestarikan alam

Beras sehat adalah beras yang tidak mengandung zat kimia berbahaya. Penggunaan pestisida kimia dan pupuk kimia dalam budidaya padi organik diganti dengan pemakaian pestisida dan pupuk organik, sehingga pertanian organik tidak lagi mengandalkan pestisida kimia semata tetapi menggunakan pestisida hayati, kedepannya kami P4S Sriwijaya akan menggandeng Dinas Pertanian termasuk Majelis Madya Subak Kabupaten Tabanan untuk mengedukasi tentang pentingnya pelestarian alam melalui sistem pertanian organik yang sejalan dengan penjabaran nilai-nilai falsafah Tri Hita Karana, "tutupnya. (Adi)