UY0EvzZgeEEo4KiQ1NIivy9VYY1PQHFF9n6p7Enr
Bookmark

HARI RAYA GALUNGAN WARGA DESA ADAT BANTAS MELAKSANAKAN KEGIATAN MEBANTEN & PERSEMBAHYANGAN "Wantilan Baru Peran LPD Desa Adat Bantas"

SUARA BANTAS. Aktivitas masyarakat Desa Adat Bantas pada hari Hari Raya Galungan Rabu, (14/4/21) melaksanakan kegiatan mebanten dan persembahyangan dimulai dari merajan dan wewidangan parahyangan masing-masing banjar adat kemudian dilanjutkan mebanten/maturan ke Pura Desa, Pura Puseh, Pura Dalem dan Pura Merajapati Agung sebagai wujud syukur kehadapan Ida Sang Hyang Widhi Wasa. 

Secara filsafat hari raya Galungan dimaknai dengan kemenangan Dharma melawan Adharma dengan kata lain kemenangan ini melawan ego dan sifat negatif yang ada dalam diri seseorang.

I Nyoman Tunas Ada, S.E. Wakil Bendesa Adat Desa Bantas

Pada kesempatan tersebut pengeter persembahyangan di Pura Merajapati AgungI INyoman Tunas Ada, S.E. (Wakil Bendesa Adat Bantas) memaparkan pembangunan wantilan/bale gong Pura Merajapati Agung menghabiskan biaya pembangunan sekitar Rp. 70 juta kontribusi dari LPD Desa Adat Bantas.

Bale Gong Pura Merajapati Agung Desa Bantas, kontribusi LPD Desa Adat Bantas

Sementara untuk wantilan Pura Dalem belum rampung pembangunan wantilan baru rampung sekitar 50 persen dan diperkirakan menghabiskan dana sekitar Rp. 500 juta dengan dibangunnya kedua wantilan tersebut diharapkan dapat memberikan manfaat kepada masyarakat Desa Adat Bantas, berfungsi sebagaimana mestinya dan wantilan tersebut sudah diplaspas.

Wantilan Pura Dalem Desa Adat Bantas

Nyoman Tunas Ada juga menambahkan bahwa keberadaan LPD adalah milik masyarakat Desa Adat Bantas mari sama-sama diawasi kinerjanya dan silahkan ditanyakan bila ada hal-hal yang belum jelas, "imbuhnya. (Adi)