UY0EvzZgeEEo4KiQ1NIivy9VYY1PQHFF9n6p7Enr
Bookmark

Pelatihan Tehnik Baca Berita Jurnalistik Multimedia dan Edukasi Melek Finansial Untuk Generasi Muda

SUARA BANTAS. Memaknai spirit hari Pendidikan Nasional Bali Eling melaksanakan kegiatan sosial pelatihan gratis dengan tema "Pelatihan Jurnalistik Radio dan Edukasi Melek Finansial Untuk Generasi Muda". Kegiatan dilaksanakan di Bali Eling Br. Bunut Puhun, Desa Bantas Kecamatan Selemadeg Timur. Minggu, (02/5/2021) dihadiri sekitar 30 peserta sebagian besar adalah generasi muda pelajar. Acara sosial ini terselenggara atas dukungan Suara Bantas, Sindhu Tani, Bali Eling, Teh Hitam Blestea dan BPR Amerta Sari.

Hadir pada kesempatan tersebut : Gatot Tri Widianto, S.H. (Global FM), Drs. I Ketut Gunadi, S.H. (BPR Amerta Sari), Agus Setiadi (Teh Hitam Blesstea), I Made Nurawan, I Putu Rodiana (Bali Eling), I Wayan Suryadi (Ketua Yayasan Lestari Budaya Tani), I Komang Gede Juena (Kawil Br. Punut Puhun) dan I Wayan Konada (Perwakilan Br. Adat Bunut Puhun) serta Ketua Sanggar Seni Jegeg Bagus (I Wayan Budi Susila, S.Ag). Peserta pelatihan dari  STT Bija Ibu, SOS Desa Taruna, Sanggar Seni Jegeg Bagus.

Suasana pelatihan yang unik dan penuh inspirasi sesuai konsep Bali Eling dari alam, oleh alam dan untuk alam. Acara dibuka oleh Kawil Br. Bunut Puhun dalam hal ini mewakili Prebekel Desa Bantas dan dalam sambutannya mengapresiasi kegiatan sosial yang diselenggarakan oleh Bali Eling, berharap ada kegiatan positif yang bermanfaat seperti ini,  bisa berkesinambungan, "ujar I Komang Gede Juena.

Materi I  tentang edukasi dan literasi keuangan diisi oleh Drs. I Ketut Gunadi, S.H. selaku perwakilan PT. BPR Amerta Sari memaparkan bahwa, kegiatan edukasi dan literasi keuangan merupakan agenda rutin tiap tahun sesuai arahan regulasi OJK. Selain itu tujuan kegiatan edukasi adalah agar tercapainya pemahaman generasi muda tentang pengelolaan keuangan dengan baik, semakin dini semakin baik, "imbuhnya.

Masyarakat tidak perlu ragu untuk menabung di BPR Amerta Sari sebab sudah ada  Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) yang akan melakukan penjaminan hingga 2 milyar.

Drs. I Ketut Gunadi, S.H. juga menceritakan sejarah berdirinya BPR Amerta Sari, satu-satunya BPR yang berlokasi di Desa tepatnya didalam Pasar Kerambitan, kami juga membuka cabang diwilayah Kediri, "imbuhnya. Melayani tabungan, deposito dan kredit sampai saat ini tetap mendapat kepercayaan masyarakat. Dikatakan untuk wilayah kecamatan Selemadeg Timur juga banyak nasabah BPR Amerta Sari.

Setelah memberi pemahaman tentang edukasi dan literasi keuangan, Drs. I Ketut Gunadi, S.H. bersama jajarannya menyerahkan celengan kepada para peserta sebagai proses pembelajaran melek finansial. Belajar menabung dari usia dini, melakukan investasi dari hal sederhana, dengan cara menyisihkan uang jajan. Mereka peserta edukasi yang hadir masih pelajar, dengan edukasi ini ketika mereka kelak sudah memiliki penghasilan bisa berinvestasi secara tepat untuk mewujudkan suatu kesejahteraan. 

Materi II narasumber diisi oleh Bapak Agus Setiadi tentang manfaat teh hitam Blesstea. Anak dihimbau agar menjaga kesehatan dan menjaga pola makan, hormat dan berbhakti pada orang tua, peserta diberi motivasi berupa yel-yel agar lebih semangat mengikuti pelatihan. Semua peserta pelatihan diberi mencoba merasakan teh hitam blesstea.

Manfaat teh hitam Blesstea meningkatkan kesiagaan daya pikir & meredakan stress, menurunkan resiko penurunan daya pikir, meningkatkan daya tahan tubuh, mengatasi infeksi bakteri dan jamur, mencegah karies gigi dan bau mulut / halitosis, sebagai minuman kesehatan & anti penuaan dini, melawan virus HIV, menghambat osteoporosis, menurunkan asam urat, meredakan migren. 

Selain itu teh hitam Blesstea mampu menurunkan kolesterol dan resiko serangan jantung, mencegah aterosklerosis, menurunkan hipertensi, memperkecil resiko stroke, memiliki manfaat anti diabetes, anti kanker, meningkatkan metabolisme, merampingkan tubuh dan mempertahankan berat badan ideal serta meningkatkan stamina.

Sementara manfaat ampas dauh teh hitam blesstea bisa untuk kompres mata yang lelah/bengkak, pelembab, luka bakar pupuk dan lain-lain.

Teh juga mengandung berbagai vitamin dan mineral didalamnya seperti vitamin B1, B2, C, E, K Beta Caroten, Magnesium, Mangan Fluoride, Zinc, Selenium dan Calcium.

Materi III tentang jurnalistik radio dan multimedia dibawakan oleh Gatot Tri Widianto, S.H. atau biasa dipanggil Bung Bram Wijaya seorang reporter, penyiar, pengisi suara, praktisi multimedia. Peserta yang hadir diberi tips singkat tehnik baca berita agar apa yang disampaikan enak dan nyaman didengar. Bram Wijaya kemudian memutarkan melalui smartphonenya contoh bagaimana suara google dulunya kaku sekarang sudah nyaman enak didengar, teknologi mempermudah kehidupan.

Mereka juga mendapat tips tehnik wawancara cara menggali informasi dengan cara berimajinasi. Jurnalistik radio dinamis terhadap perkembangan teknologi, apapun dalam aktivitas kehidupan sehari-hari, tanpa ada suara, suasana akan terasa hampa, "ujarnya.

Dalam menggali informasi tehnik yang dilakukan bisa dengan cara mendengar, bertanya dan membuntuti terus kedalaman informasi narasumber. Setelah mendapat informasi dari narasumber, kemudian imajinasikan informasi tersebut disampaikan dengan tenang dan nyaman.

Bung Bram menambahkan dengan kegiatan hari ini, karena keterbatasan waktu diharapkan pembelajaran jurnalistik yang diberikan bisa bermanfaat bagi peserta dan nantinya mampu membandingkan cara baca berita yang baik dan benar. Kuncinya tetap semangat belajar dan latihan, "pungkasnya. Acara ditutup dengan doa dan photo bersama. (Adi)