UY0EvzZgeEEo4KiQ1NIivy9VYY1PQHFF9n6p7Enr
Bookmark

Vaksinasi Covid-19 Untuk Masyarakat Bantas

SUARA BANTAS. Vaksinasi Covid-19 Ke-1 dilaksanakan oleh UPTD. Puskesmas Selemadeg Timur 1 untuk masyarakat Desa Bantas Sabtu, (12/6) bertempat di Bale Banjar Bantas Bunut Puhun. Disampaikan oleh Sekretaris Desa Bantas I Ketut Karmanadi bahwa untuk vaksin pertama, mendapat 350 vaksin untuk warga Bantas dengan pembagian sebagai berikut :

1. Warga Bantas Pucuk 55 orang

2. Warga Bantas Bale Agung 65 orang

3. Warga Bantas Tengah Kaja 65 orang

4. Warga Bantas Tengah Kelod 55 orang

5. Warga Bantas Gelogor 55 orang

6. Warga Bantas Bunut Puhun 55 orang

Ketut Karmanadi menambahkan warga yang belum dapat vaksinasi akan didata kembali. Diinformasikan kepada Suara Bantas hari Jumat nanti tersedia lagi 270 vaksin. Yang belum mendapat vaksinasi akan didata oleh Kaur Kewilayahan masing-masing banjar, "imbuhnya. Nama vaksin yang diberikan kepada masyarakat Bantas yaitu Vaksin Astra Zeneca.

Dikutip dari berbagai sumber vaksinasi pertama, punya peran sebagai prime dose atau dosis utama yang bertugas mengenalkan virus mati (inactivated virus) Covid-19 ke tubuh penerima. Sementara vaksinasi dosis kedua berfungsi sebagai booster dose atau penguat kemampuan vaksin.  

Jadi tubuh  dikenalkan dulu dengan inactivated virus. Lalu dia akan bekerja sama membentuk sistem kekebalan tubuh atau antibodi baru. Dosis kedua ini gunanya untuk meningkatkan kekuatan vaksin. Sehingga dosis kedua dapat membuat antibodi yang terbentuk semakin kuat dan optimal. Sementara agenda Vaksinasi Covid-19 Ke-2 untuk masyarakat Desa Bantas dilaksanakan tanggal 7 September 2021. (Adi)