UY0EvzZgeEEo4KiQ1NIivy9VYY1PQHFF9n6p7Enr
Bookmark

Perencanaan Pembangunan Desa Adat Bantas Tahun 2022, Peduli Lingkungan Dan Lestarikan Budaya

SUARABANTAS.COM, Selemadeg Timur-Rapat Perencanaan Pembangunan Desa Adat Bantas Tahun 2022 bertempat di Wantilan Desa Adat Bantas Minggu, (07/11). Hadir pada kesempatan tersebut : Prebekel, Bendesa Adat, Pejuru Adat, Kelihan Adat, Sabha Desa, Kerta Desa adapun poin pokok pembahasan : program penyelenggaraan pemerintahan desa adat, program pemajuan perekonomian desa adat, program pemajuan hukum adat dan program pembangunan desa adat ( baga parahyangan, pawongan, palemahan) yang dipaparkan oleh Sekretaris Desa Adat Bantas I Wayan Sudarta.

Sementara Jero Bendesa Adat Bantas I Wayan Wijana memaparkan akan memprioritaskan pembangunan fisik dan ada yang harus segera diperbaiki seperti perbaikan di Pura Desa dan Puseh. Bangunan sekretariat pecalang dan toilet yang bersumber dari dana punia LPD, CBD dan Koperasi, disampaikan bahwa untuk saat ini bangunan tersebut belum bisa finishing karena keterbatasan anggaran. Semua program di parahyangan, pawongan, palemahan yang terkait dengan perencanaan pembangunan di Desa Adat Bantas, hal tersebut secara teknis tercatat dalam rincian anggaran tahunan sesuai dengan petunjuk teknis dari Majelis Desa Adat, "ujarnya.

Pembahasan lainnya, Desa Adat Bantas bersinergi dengan tim KBS sesuai dengan program Gubernur Bali mencanangkan pelaksanaan program Desa Kerti Bali Sejahtera (Desa KBS) mewujudkan visi pembangunan Bali Nangun Sat Kerthi Loka Bali sampai dengan 2023. Menjaga kebersihan lingkungan, menumbuhkan kesadaran masyarakat dengan memilah sampah : plastik, organik, residu dengan menempatkan bak/kantong sampah ditempat umum termasuk di Tri Kahyangan sinergi antara Desa Adat Bantas dengan Desa Bantas.

Menggali kearifan lokal seperti seni budaya dalam upaya pelestarian budaya. Setiap kegiatan adat, terkait pemakaian endek yang sudah menjadi arahan Pemerintah, masih dalam pembahasan untuk penerapanya di Desa Adat Bantas. Penanggulangan Covid-19 dan dampaknya tetap juga diprogramkan, dengan bersama-sama mentaati prokes, "pungkas Jero Bendesa Adat. Menyesuaikan program Desa Adat Bantas dan Desa Bantas agar tidak ada double program dan program yang dirancang dapat bermanfaat bagi masyarakat adat Bantas. (Adi).