UY0EvzZgeEEo4KiQ1NIivy9VYY1PQHFF9n6p7Enr
Bookmark

Gotong Royong Bersih-Bersih Diareal Beji Pancoran Puja Menurut Jro Klihan Adat Br. Bantas Bale Agung Menjaga Kelestarian Dan Kealamian Sumber Air Adalah Kewajiban Kita Bersama

SUARABANTAS.Com, Seltim -Krama Br. Adat Bantas Bale Agung melaksanakan kegiatan gotong royong bersih-bersih diareal Beji Pancoran Puja Jumat, (28/1) yang mendapat giliran tugas ngayah bersih-bersih adalah Regu Tempek Satu pembagian tugas bersih-bersih diatur oleh Ketua Regu Tempek Satu I Wayan Muliawan. Hal ini sejalan dengan arahan pemerintah sebagai upaya untuk menjaga kesucian dan kelestarian sumber-sumber air.

Menurut Jro Klihan Adat Br. Bantas Bale Agung menjaga kelestarian dan kealamian sumber air adalah kewajiban kita bersama. Agar sumber air tersebut tidak rusak atau tercemar, seperti keberadaan Beji Pancoran Puja yang perlu kita jaga kelestariannya dan secara turun-temurun telah dimanfaatkan oleh masyarakat Bantas baik untuk kebutuhan minum maupun untuk ritual.


Kenapa kita perlu menjaga sumber air? sebab air merupakan unsur alam yang paling menentukan kehidupan dibumi. Menjaga kesucian dan kelestarian sumber air seperti Beji Pancoran Puja berarti turut juga menjaga vibrasi energi positif pada sumber air tersebut, "imbuhnya.

Usulan warga Br. Adat Bantas Bale Agung untuk menjaga kelestarian dan kebersihan Beji Pancoran Puja perlu ada bak sampah organik maupun non organik serta perlu ada kotak dana punia ditempat tersebut, "saran salah satu warga. (Adi)