UY0EvzZgeEEo4KiQ1NIivy9VYY1PQHFF9n6p7Enr
Bookmark

Desa Adat Bantas Melaksanakan Upacara Pitra Yadnya Ngaben Massal, Bantu Ringankan Beban Ekonomi Masyarakat

SUARABANTAS.COM, Seltim-Desa Adat Bantas melaksanakan upacara ngaben massal Senin 08 Mei 2023 bertempat di Setra Agung Desa Adat Bantas yang diikut 26 sekah dan 5 nglungah.

Ngaben merupakan upacara pembakaran jenasah yang bertujuan untuk mengembalikan badan kasar, kembali pada unsur panca maha bhuta. Upacara ngaben merupakan bagian dari upacara pitra yadnya, yaitu upacara yang ditujukan kepada leluhur.

Masyarakat Bantas yang berpartisipasi merasa terbantu, karena dilaksanakan secara massal tentu hal ini meringankan beban masyarakat secara ekonomi, "ujar Wayan Wijana Bendesa Adat Bantas. 

Menurut Ketua panitia I Made Suarda bahwa tingkatan Yadnya Ngaben yang diambil adalah Toya Pranawa dengan biaya Rp. 5 juta persekah, "imbuhnya.


Pada kesempatan tersebut juga dihadiri  Sekda Tabanan I Gede Susila mewakili Bupati Tabanan, DPR RI I Made Urip, DPRD Provinsi Bali I Ketut Suryadi, DPRD Tabanan : I Made Muskadana, I Wayan Eddy Nugraha Giri, I Ketut Budi Adnyana, Camat Selemadeg Timur, Polsek Seltim, Koramil 02 Selemadeg, Prebekel Desa Bantas, Kertha Desa, Sabha Desa Adat Bantas, Majelis Alit Kecamatan Selemadeg Timur, PHDI Kecamatan Selemadeg Timur dan Rai Mantra.

Dalam sambutannya Sekda I Gede Susila memaparkan kegiatan ngaben massal yang dilaksanakan oleh Desa Adat Bantas selain untuk melestarikan adat dan budaya Bali melalui panca yadnya massal juga sejalan dengan Program Nangun Sat Kertih Loka Bali melalui pola pembangunan semesta berencana menuju Tabanan yang aman, unggul dan madani, "ujarnya. Panitia mengucapkan terima kasih atas partisipasi dan dukungan semua pihak sehingga acara dapat berjalan lancar. (Adi)