UY0EvzZgeEEo4KiQ1NIivy9VYY1PQHFF9n6p7Enr
Bookmark

Rencana World Water Forum (WWF) ke-10 di Bali


SUARABANTAS.COM,Nusa Dua- Bali akan menjadi tuan rumah agenda internasional, World Water Forum (WWF) ke-10 yang akan diadakan pada tanggal 18-25 Mei 2024. Pertemuan internasional terbesar di bidang air ini akan digelar di Nusa Dua, Bali. WWF ke-10 mengusung enam sub-tema utama, antara lain ketahanan dan kesejahteraan air, air untuk manusia dan alam, pengurangan dan pengelolaan risiko, dan lainnya.

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan menyampaikan keterangan pers dalam rapat koordinasi persiapan WWF ke-10 di Nusa Dua, Kabupaten Badung, Bali, pada Sabtu (20/4/2024). Menurut Luhut, pemerintah Indonesia telah mengajukan rancangan deklarasi tingkat menteri yang berisi poin-poin penting terkait ketersediaan air di dunia.

Deklarasi tingkat menteri tersebut bukan bersifat mengikat, melainkan sebagai kesepakatan dan komitmen bersama terkait pentingnya air bagi dunia. Luhut menegaskan bahwa masalah ketersediaan air akan menjadi isu serius di masa depan, sehingga penting untuk mengatasi permasalahan tersebut dengan serius. Salah satu poin dalam deklarasi tersebut adalah terkait pengelolaan sumber daya air yang terintegrasi di negara kepulauan, termasuk komitmen Indonesia untuk membantu negara kepulauan di Pasifik melalui AIS (Kepulauan dan Negara Pulau).

Rencananya, WWF ke-10 di Bali akan melibatkan partisipasi dari berbagai negara dan pemangku kepentingan terkait air. Selain membahas isu-isu terkait air, acara tersebut juga diharapkan dapat memberikan manfaat ekonomi bagi UMKM dan sektor pariwisata di Bali. (Adi