UY0EvzZgeEEo4KiQ1NIivy9VYY1PQHFF9n6p7Enr
Bookmark

Khasiat Kayu Manis Untuk Membantu Menjaga Kesehatan Serta Efek Sampingnya

Kayu manis adalah rempah-rempah yang dibuat dari kulit bagian dalam pohon yang secara ilmiah dikenal sebagai Cinnamomum. Rempah-rempah ini dikenal luas dipakai untuk makanan dan minuman. Namun selain itu, rupanya kayu manis juga punya manfaat untuk kesehatan.
Ragam manfaat kayu manis untuk kesehatan seperti mengandung antioksidan
untuk menangkal radikal bebas 
Kayu manis merupakan barang langka dan berharga. Kayu manis bahkan dianggap sebagai hadiah yang cocok untuk raja. Namun saat ini, kayu manis harganya murah. Kayu manis tersedia di pasar atau supermarket dan ditemukan sebagai bahan dalam berbagai makanan dan resep.

Kayu manis dibuat dengan memotong batang pohon kayu manis. Kulit kayu bagian dalam kemudian diekstraksi dan bagian kayunya dihilangkan. Saat mengering, ia membentuk strip yang kemudian menjadi gulungan.

Aroma dan rasa kayu manis disebabkan oleh bagian yang berminyak, yang sangat tinggi dalam senyawa cinnamaldehyde. Para ilmuwan percaya bahwa senyawa ini yang memiliki andil besar atas sebagian besar efek kuat kayu manis pada kesehatan.

Dilansir healthline, berikut manfaat kayu manis untuk kesehatan:

1. Kayu Manis Mengandung Antioksidan
Antioksidan melindungi tubuh Anda dari kerusakan oksidatif yang disebabkan oleh radikal bebas. Kayu manis sarat dengan antioksidan kuat, seperti polifenol.

Dalam sebuah penelitian yang membandingkan aktivitas antioksidan dari 26 rempah-rempah, kayu manis mengungguli bawang putih dan oregano. Karena fakta itu, kayu manis dapat digunakan sebagai pengawet makanan alami.

2. Kayu Manis Memiliki Sifat Anti Inflamasi
Peradangan sangat penting karena membantu tubuh Anda melawan infeksi dan memperbaiki kerusakan jaringan. Namun, peradangan dapat menjadi masalah jika bersifat kronis dan menyerang jaringan tubuh Anda sendiri.

Kayu manis memiliki sifat anti inflamasi. Studi menunjukkan bahwa kayu manis dan antioksidannya memiliki sifat anti-inflamasi yang kuat.

3. Kayu Manis Dapat Mengurangi Risiko Penyakit Jantung
Kayu manis telah dikaitkan dengan penurunan risiko penyakit jantung, penyebab kematian dini paling umum di dunia. Kayu manis dapat meningkatkan beberapa faktor risiko utama penyakit jantung, termasuk kolesterol, trigliserida, dan tekanan darah.

4. Kayu Manis Dapat Meningkatkan Sensitivitas Terhadap Hormon Insulin
Manfaat kayu manis berikutnya yakni meningkatkan sensitivitas terhadap hormon insulin. Dengan meningkatkan sensitivitas insulin, kayu manis dapat menurunkan kadar gula darah.

Insulin adalah salah satu hormon utama yang mengatur metabolisme dan penggunaan energi. Hal ini juga penting untuk mengangkut gula darah dari aliran darah ke sel Anda.

Masalahnya adalah banyak orang yang resisten terhadap efek insulin. Hal ini dikenal sebagai resistensi insulin, ciri khas kondisi serius seperti sindrom metabolik dan diabetes tipe 2. Meski demikian kayu manis dapat mengurangi resistensi insulin.

5. Kayu Manis Menurunkan Kadar Gula Darah dan Memiliki Efek Anti Diabetes
Kayu manis terkenal dengan khasiat penurun gula darahnya. Selain efek menguntungkan yakni resistensi insulin, kayu manis dapat menurunkan gula darah dengan beberapa mekanisme lainnya.

Pertama, kayu manis telah terbukti menurunkan jumlah glukosa yang masuk ke aliran darah Anda setelah makan. Ini dilakukan dengan memperlambat pemecahan karbohidrat di saluran pencernaan Anda. Kedua, senyawa dalam kayu manis dapat bekerja pada sel dengan meniru insulin. Sejumlah penelitian pada manusia telah mengkonfirmasi efek antidiabetes kayu manis yakni dapat menurunkan kadar gula darah puasa hingga 10-29%.

6. Kayu Manis Bermanfaat pada Pengidap Penyakit Neurodegeneratif
Penyakit neurodegeneratif ditandai dengan hilangnya struktur atau fungsi sel otak secara progresif. Penyakit Alzheimer dan Parkinson adalah dua jenis yang paling umum.

Dua senyawa yang ditemukan di kayu manis tampaknya menghambat penumpukan protein di otak, yang merupakan salah satu ciri penyakit Alzheimer. Dalam sebuah penelitian pada tikus dengan penyakit Parkinson, kayu manis membantu melindungi neuron, tingkat neurotransmitter yang dinormalisasi, dan meningkatkan fungsi motorik. Namun efek ini perlu dipelajari lebih lanjut pada manusia.

7. Kayu Manis Membantu Melawan Infeksi Bakteri dan Jamur
Cinnamaldehyde, salah satu komponen aktif utama kayu manis, dapat membantu melawan berbagai jenis infeksi. Minyak kayu manis telah terbukti efektif mengobati infeksi saluran pernapasan yang disebabkan oleh jamur.

Selain itu juga dapat menghambat pertumbuhan bakteri tertentu, termasuk Listeria dan Salmonella. Namun, buktinya terbatas dan sejauh ini kayu manis belum terbukti mengurangi infeksi di tempat lain di tubuh. Efek antimikroba kayu manis juga dapat membantu mencegah kerusakan gigi dan mengurangi bau mulut.

8. Kayu Manis Dapat Membantu Mengatasi Virus HIV
Manfaat kayu manis berikutnya yakni membantu mengatasi virus HIV. HIV adalah virus yang secara perlahan merusak sistem kekebalan Anda, yang pada akhirnya dapat menyebabkan AIDS, jika tidak ditangani.

Ekstrak kayu manis varietas Cassia disebut bisa menjadi kandidat pengobatan untuk membantu melawan HIV-1, jenis virus HIV yang paling umum pada manusia. Sebuah penelitian laboratorium yang mengamati sel yang terinfeksi HIV menemukan bahwa kayu manis adalah pengobatan herbal paling efektif dari semua 69 tanaman obat yang diteliti. 

Meski memiliki sederet manfaat kesehatan, kayu manis harus diwaspadai efek sampingnya. Seperti antara lain dapat menyebabkan kerusakan hati, meningkatkan risiko kanker, dapat menyebabkan sakit mulut, dan dapat menyebabkan gula darah rendah.

Sumber :