UY0EvzZgeEEo4KiQ1NIivy9VYY1PQHFF9n6p7Enr
Bookmark

Masyarakat Terharu dan Meneteskan Air Mata Uji Coba PT. Olsa Bersama Relawan Desa Bunga Mekar Berhasil Menaikkan Air Sagening

SUARA BANTAS. Lokasi sumber mata air Sagening  berada di Desa Bunga Mekar, Desa Adat Sebuluh, Nusa Penida Kabupaten Klungkung kondisi yang terjal dan curam sangat sulit diakses dengan ketinggian tebing sekitar 300 meter dan terasa mustahil untuk menaikan air Sagening. Fakta di lapangan masyarakat Desa Bunga Mekar sangat menginginkan agar air Sagening bisa naik dan nantinya bisa dinikmati untuk kebutuhan sehari-hari.

Warga Desa Bunga Mekar, Nusa Penida terharu dan meneteskan air mata. Proses uji coba menaikkan air Sagening yang kondisinya terjal dan curam dengan jarak kedalaman sekitar 300 m bisa naik dan berjalan lancar

Dalam kondisi terjal dan curam serta licin untuk mengambil air Sagening, dikatakan oleh salah warga setempat  bila meleset nyawa taruhannya. Setelah melakukan perhitungan dan berdasarkan data riset akademis Tami Suharto Direktur Tehnik PT. OLSA bersama masyarakat Desa Bunga Mekar sepakat melakukan ujicoba dan membentuk Team 14 dan seluruhnya adalah warga Desa Bunga Mekar untuk menaikkan air Sagening yang sebelumnya sudah berkordinasi dengan Prebekel Desa Bunga Mekar dan memberi kesempatan untuk melakukan  program uji coba menaikkan air Sagening tersebut, dimana lokasi sumber mata air ini sangat ekstrim dan terjal.


Dikatakan debit air Sagening sekitar 78, 8 liter per detik bila ini dioptimalkan dan bisa naik keatas sangat memungkinkan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat, "ujar Tami Suharto.

Dalam tahap uji coba ini panjang pipa dari sumber mata air sampai keatas dengan panjang sekitar 290 meter. Tiap 50 meter dipasang tandon dengan kapasitas sekitar 1000 liter dan untuk tandon penampungan berkapasitas  2000 liter.

Direktur Tehnik PT. OLSA Tami Suharto yang pernah menjadi ajudan Presiden Habibie ini, memaparkan walau kondisi air Sagening seperti itu kondisinya, dirinya optimis bisa menaikkan air Sagening karena sebelumnya memiliki pengalaman untuk menaikkan air yang kondisi dan geografisnya hampir mirip dengan air Sagening.

Bersama warga Desa Bunga Mekar proses uji coba dilakukan dengan penggarapan hampir 1 minggu dan jadwal uji coba dilaksanakan Senin, (9/11/2020) pada saat proses uji coba ini dihadiri : Wakil Bupati Klungkung, Sekretaris Camat Nusa Penida, Prebekel Desa Bunga Mekar.

Uji coba perdana air Sagening dihadiri Wakil Bupati Klungkung, Sekcam Nusa Penida, Prebekel Desa Bunga Mekar dan PT. OLSA disambut antusias dan rasa haru masyarakat setempat. Air bisa mengalir naik keatas dengan lancar. Senin, (9/11)

Ketika air mengalir dan bisa naik masyarakat setempat terharu dan berterima kasih kepada PT. OLSA khususnya kepada Tami Suharto, S.T. Direktur Tehnik PT. OLSA yang siang malam berjuang dimedan yang terjal memasang instalasi bersama relawan Desa Bunga Mekar, masyarakat terharu meneteskan air mata sebab apa yang diharapkan masyarakat selama ini bisa terwujud untuk memanfaatkan air Sagening agar bisa naik sampai ke Desa Bunga Mekar. 

Masyarakat Desa Bunga Mekar, Desa Adat Sebuluh mulai memanfaatkan air Sagening yang disimpan pada bak penampungan untuk diminum, airnya jernih dan terasa segar diminum

Kedepannya harapan masyarakat adalah air Sagening bisa dikelola secara swadaya dengan tujuan untuk meningkatkan perekonomian masyarakat sekitar. (Adi)