UY0EvzZgeEEo4KiQ1NIivy9VYY1PQHFF9n6p7Enr
Bookmark

Teknologi Distilasi P4S Sriwijaya Manfaatkan Limbah Tempurung Kelapa Produksi Asap Cair Baik Untuk Kesehatan Dan Mendukung Dunia Pertanian

SUARA BANTAS. Berorientasi pada keinginan berperan aktif dalam pengembangan pertanian dan rasa tanggung jawab sosial serta melihat potensi pertanian dan agrobisnis disekitar lingkungan yang cukup besar. Pada tanggal 20 Oktober 2009 Pusat Pelatihan Pertanian dan Pedesaan Swadaya (P4S) berlokasi di Kecamatan Selemadeg Timur,  Desa Gadungan, Banjar Carik Kangin Tabanan Bali Ir. Nyoman Wira Adnyana  mendirikan P4S Sriwijaya dengan tujuan mengembangkan potensi pertanian secara swadaya dan menjadi partner pemerintah bidang pertanian dengan harapan terwujudnya masyarakat petani yang mandiri dan sejahtera, salah satunya  saat ini adalah menerapkan teknologi distilasi untuk pembuatan asap cair yang berguna untuk kehidupan manusia, hewan dan tumbuhan, "ujarnya.

Ir. I Nyoman Wira Adnyana Ketua P4S Sriwijaya mengembangkan teknologi distilasi untuk pembuatan asap cair berbahan baku tempurung kelapa yang sangat berguna untuk bidang pertanian

Memanfaatkan limbah tempurung kelapa hal ini dapat menjadi solusi terbaik dengan mengkonversinya menjadi asap cair, dikatakan grade 1 (satu)  asap cair mampu menyembuhkan berbagai penyakit, seperti : bronkitis, flu, batuk, kusta, amandel, kanker payudara, diabetes, stroke, kolesterol, asam urat dan asam lambung. 

Asap cair premium / grade 1 (satu) produksi P4S Sriwijaya memiliki manfaat menyembuhkan berbagai macam penyakit dan meningkatkan imun tubuh, sudah banyak yang merasakan manfaat produk asap cair premium grade 1 ini 

Sementara grade 2 (dua)  asap cair bermanfaat untuk hewan, grade 3 (tiga) untuk tumbuhan. Asap cair tempurung kelapa ternyata banyak kegunaannya, bahkan bisa menjadi alternative sebagai bahan pengawet makanan pengganti formalin. 

Berdasarkan hasil penelitian, asap cair tempurung kelapa mengandung senyawa fenol, yang mampu menghambat pertumbuhan bakteri atau jamur sehingga dapat digunakan sebagai pengawet maupun disinfektan.

Nantinya tempurung kelapa yang diproses menjadi asap cair tersebut diharapkan bisa meningkatkan sumber ekonomi masyarakat terutama kelompok petani, "ujar Nyoman Wira Adnyana. Jumat, (4/11/2020) di Desa Gadungan Selemadeg Timur, Tabanan.

Mengenai proses pembuatan asap cair sistem teknologinya bisa dikatakan sederhana, "ungkap Nyoman Wira Adnyana. Disampaikan pembuatan asap berlangsung selama pembakaran tempurung kelapa yang di tempatkan pada alat pembakar yang sudah di beri pipa penyuling yang terhubung dari tutup tangki pembakar, "ujarnya.


Cara memurnikan asap cair dengan sistem distiliasi asap yaitu proses pemisahan kembali suatu larutan yang berdasarkan perbedaan titik didihnya. Distilasi asap cair dapat dilakukan pada kisaran suhu 100' c hingga 250' celsius.

Tami Suharto, S.T. team ahli dan pakar tehnik distilasi  P4S Sriwijaya

Sementara itu menurut Tami Suharto, S.T. pakar tehnik pertanian P4S Sriwijaya mengemukakan "teknologi destilasi adalah suatu sistem pemisahan atau pemurnian dengan memanfaatkan perbedaan temperatur titik didih, jadi P4S Sriwijaya mengembangkan produk destilasi dan bahan baku limbah pasca produksi VCO yaitu tempurung kelapa diproses dengan alat yang bernama pirolisis kemudian diembunkan atau dikondensasikan dengan pendinginan temperatur air normal sehingga keluar titik - titik air dari proses pengembunan asap tersebut.

Tami Suharto menambahkan dijelaskan  hasil yang didapat adalah asap cair 3 (tiga) yang pertama, mengandung fenol dan sarin cukup tinggi untuk didunia pertanian sangat bermanfaat sebagai pupuk dan pengendali hama. Selanjutnya masuk ke proses distilasi akan menghasilkan grade 2 (dua) berguna untuk pengawet bahan makanan yang bisa disimpan tanpa freezer. 

Dari grade 2 (dua) dilakukan distilasi sampai menemukan pemurnian yang mendekati fisiknya seperti air putih, tergantung sistem distilasinya kemungkinan 4-5 kali. Distilasi premium atau asap cair grade 1 (satu) banyak manfaatnya selain sebagai pengawet alami distilasi 1 juga sebagai obat untuk beberapa penyakit, "pungkasnya. (Adi