UY0EvzZgeEEo4KiQ1NIivy9VYY1PQHFF9n6p7Enr
Bookmark

Pelepasan Siswa PKL, Made Sutarjana Wajib Disiplin Dan Taat Aturan

SUARABANTAS.COM, Tabanan-Sebelas tahun keberadaan Koperasi Bayu Sudana dan bisa melayani anggotanya sampai saat ini tidak lepas dari peran pengurus dalam melaksanakan kegiatan koperasi, yakni tetap berdasarkan aturan yang berlaku dan disiplin dalam bertugas. Berbasis IT dengan tujuan mempermudah kinerja, langkah strategis berkenaan dengan pengembangan usaha, apapun bentuk perencanaan tetap berkordinasi dengan seluruh anggota, "ujar I Made Sutarjana.


Untuk bunga deposito di Koperasi Bayu Sudana 8% per tahun, bunga kredit 2% menurun. Mengenai persaingan, dikatakan tetap bersaing secara sehat. Layanan Koperasi Bayu Sudana mencakup seluruh wilayah di kabupaten Tabanan. Pernah 2 kali mendapat penghargaan koperasi terbaik di kabupaten Tabanan tahun 2014 dan 2018 dengan modal awal Rp. 6 juta dan setelah 11 tahun, total aset saat ini mencapai sekitar Rp. 11 milyar, dengan jumlah anggota 273 orang.

Dampak pandemi berimbas pada perekonomian masyarakat, salah satu kebijakan Koperasi Bayu Sudana adalah dengan memberikan perpanjangan kredit. Bila kredit macet akan diberikan SP1, SP2, SP3 dan menyelesaikan permasalahan kredit macet tersebut bekerjasama dengan badan lelang, diproses sesuai aturan dan isi kontrak perjanjian, "papar Made Sutarjana kepada Suarabantas.com Selasa, (19/10). 

Memenuhi kebutuhan sehari-hari para anggotanya, Koperasi Bayu Sudana juga menjual sembako dan kebutuhan lainnya. Nantinya melalui program UKM ritel ada rencana melayani warung-warung dengan harga grosir. Koperasi Bayu Sudana beralamat di Desa Bantas kabupaten Tabanan.


Pada bulan Juli - Oktober 2021 Koperasi Bayu Sudana mendapat kepercayaan dari SMKN 1 Tabanan, agar berkenan dan menerima siswanya untuk PKL di Koperasi Bayu Sudana. PKL merupakan Praktek Kerja Lapangan dengan tujuan memperkenalkan siswa pada dunia usaha. Menumbuhkan sikap profesional yang diperlukan siswa untuk memasuki dunia usaha. Menambah wawasan siswa terhadap jenis pekerjaan pada tempat dimana siswa melaksanakan PKL. 

Sebagai siswa PKL di Koperasi Bayu Sudana diberikan kesempatan belajar untuk input data, survey kelapangan dan tugas pemungutan kelapangan yang didampingi petugas kami. Made Sutarjana menambahkan sebelumnya dari Universitas Hindu Indonesia dan Politeknik Negeri Bali studi banding sistem manajemen dan pengelolaan Koperasi Bayu Sudana, untuk kepentingan akademik mahasiswa bersangkutan.

Siswa yang praktek kerja lapangan ditempat kami, hal utama yang kami sampaikan adalah agar memiliki sikap disiplin, ramah dan etika yang baik. Pada akhir PKL siswa tersebut diberikan nilai secara objektif sesuai kemampuan dalam menyelesaikan tugas, "pungkas Made Sutarjana Manager Koperasi Bayu Sudana. (Adi)