UY0EvzZgeEEo4KiQ1NIivy9VYY1PQHFF9n6p7Enr
Bookmark

Founder Yayasan Chili Community House Kadek Umaya Yogiani Bantu Pasarkan Produk Krama Br. Bantas Bale Agung Secara Online Dan Pendidikan Gratis Untuk Anak Usia 4-9 Tahun

SUARABANTAS.COM, Seltim. Berusaha kreatif dan melakukan hal terbaik Kadek Umaya Yogiani warga Br. Bantas Bale Agung memaparkan pengalamannya dibidang Pariwisata Jumat, (12/11/21) dirinya sempat mengenyam pendidikan Sekolah Pariwisata FSC IHEC program DII dan mendapat kesempatan training selama 6 bulan di Susite Japanese Restoran Singapura tahun 2006-2007 hal menarik pengalaman belajar dan training di Singapura adalah diajarkan untuk menumbuhkan sikap mandiri dan kreatif, "ungkapnya. Setelah lulus kuliah sempat bekerja di Grand Milenium Hotel Dubai tahun 2008-2014 bekerja dibagian Bartender Belgium Bir Cafe sambil belajar sale dan marketing. 

Memiliki pengalaman kerja di luar negeri Kadek Umaya Yogiani juga mendapat kepercayaan sebagai Hotel Manager di Little Coco Lombok. Sebagai praktisi di bidang pariwisata dalam mendukung perkembangan pariwisata di Lombok sering diundang sebagai praktisi bartender mengajar di beberapa SMK untuk berbagi pengalaman dan pengetahuan skill bartender kepada siswa. 

Atas kepedulian sosial untuk berbagi pengetahuan sebagai praktisi pariwisata kepada generasi muda Lombok. Politeknik Pariwisata Lombok bekerjasama sama dengan SHL 
(Scheweizerische Hotelfachschule Luzer) atas dedikasinya untuk kemajuan pariwisata Lombok Ia diberikan kesempatan mengikuti kelas internasional sebagai trainer bidang pariwisata tahun 2019. Mengikuti pelatihan SHL selama 3 bulan dengan kompetensi berhak untuk mengajar sebagai trainer pariwisata, pelatihan ini sangat berkesan dan berstandar internasional, "ujarnya.

Pandemi berimbas pada perekonomian masyarakat, termasuk dunia pariwisata. Mengisi waktu sambil menunggu kondisi membaik dan pariwisata pulih, sejak tahun 2016 Kadek Umaya Yogiani juga menekuni bidang e-commerce and sale dengan market luar negeri. Dalam situasi pandemi untuk membantu masyarakat sekitar terutama di Br. Bantas Bale Agung, Ia membantu memasarkan produksi kerajinan masyarakat Br. Bantas Bale Agung secara online dengan market bule seperti : dupa, minyak, sabun, lotion sebagian besar produk kesehatan dan kecantikan.

Kadek Umaya Yogiani menambahkan mereka terwadah dalam Koperasi Bali Mesari dengan anggota 14 orang dan semuanya adalah ibu rumah tangga. Keberadaan Koperasi Bali Mesari adalah untuk mensupport permodalan anggota dan perkembangan koperasi, "ungkapnya.

Melalui Yayasan Chili Community House, juga melakukan kegiatan sosial dengan memberikan pendidikan gratis untuk anak-anak usia 4-9 tahun di Br. Bantas Bale Agung. Pendidikan gratis ini bertujuan menumbuhkan kemandirian, jiwa nasionalis dan peduli sampah mulai usia dini. Mengisi libur karena dampak pandemi, anak-anak diberikan pelajaran bahasa Inggris, matematika, menggambar, mewarnai, ngerapain tempat tidur, ngerapain baju, bercocok tanam, peduli sampah, permainan petak umpet dan silat, "terang Kadek Umaya Yogiani.


Kegiatan tersebut dilaksanakan sejak bulan Mei 2021. Salah satu pendapat orang tua, yang anaknya Ikut belajar di Yayasan Chili Community House mengatakan sangat senang anaknya bisa ikut program belajar tersebut dan hal ini arahnya positif, daripada anak hanya bermain hp saja dirumah, " kata I Wayan Sadia dan secara pribadi kami berterima kasih kepada Yayasan Chili Community House karena turut peduli pada anak-anak kami di Br. Bantas Bale Agung dengan memberikan pendidikan gratis ditengah situasi libur panjang siswa, karena dampak pandemi Covid-19, "pungkas I Wayan Sadia selaku orang tua siswa.

Harapan Kadek Umaya Yogiani selaku warga Br. Bantas Bale Agung kedepannya bisa bekerjasama dengan masyarakat sekitar mewujudkan ide-ide kreatif yang bermanfaat bagi masyarakat, "imbuhnya. (Adi).