UY0EvzZgeEEo4KiQ1NIivy9VYY1PQHFF9n6p7Enr
Bookmark

Pejuru Br. Adat Bantas Bale Agung Ngayah Buat Penjor

SUARABANTAS.COM, Selemadeg Timur-Penjuru Adat Br. Bantas Bale Agung ngayah dapat giliran membuat penjor, nantinya penjor tersebut dipasang di Pura Puseh, Pura Dalem dan Merajapati pada rahina Anggara Wage Dungulan, ujar Jro Klian Adat Br. Adat Bantas Bale Agung I Nyoman Arimbawa Minggu, (5/6) kepada Suara Bantas. 

Disisi lain fungsi penjor Galungan dalam kegiatan upacara dan hari raya umat Hindu di Bali yang berkaitan erat dengan Galungan. Hal tersebut melambangkan pertiwi dan bhuwana agung. Simbol gunung yang memberikan kesejahteraan dan keselamatan. Lambang pertiwi digambarkan sebagai bentuk wujud Naga Basuki dan Ananta Boga. 

Penjor juga berfungsi sebagai sarana perlengkapan upakara yang memiliki nilai sakral dan dalam pembuatannya harus memperhatikan unsur-unsur yang dipakai melengkapi penjor tersebut.

Memaknai hari raya, "yang utama adalah mampu mulat sarira dan introspeksi diri serta mewujudkan harmonisasi dalam segala kehidupan. Ngajegang adat budaya Bali dilandasi spirit ngayah. (Adi)