UY0EvzZgeEEo4KiQ1NIivy9VYY1PQHFF9n6p7Enr
Bookmark

Masyarakat Sangat Terbantu Secara Ekonomi Upacara Manusia Yadnya Massal Yang Diselenggarakan Oleh MGPSSR Selemadeg Timur

SUARABANTAS.COM, Seltim - Maha Gotra Pasek Sanak Sapta Rsi Kecamatan Selemadeg Timur melaksanakan program upacara manusia yadnya massal diikuti 78 peserta dengan rincian mebayuh oton 29 orang, mesambutan 7 orang, metatah 39 orang, mewinten 3 pasang yang diselenggarakan di Griya Uma Sari, Desa Tangguntiti, Br. Jakatebel, Selemadeg Timur, Tabanan Jumat, (12/8) dipuput oleh Ida Pandita Griya Uma Sari dibantu 21 pemangku dari Pesemetonan Maha Gotra Pasek Sanak Sapta Rsi Kecamatan Selemadeg Timur. 

Menurut Ketua MGPSSR Kecamatan Selemadeg Timur I Made Sunarya tujuan dari upacara manusa yadnya massal ini merupakan implementasi program kerja jangka pendek MGPSSR Selemadeg Timur yang juga bertujuan untuk meringankan beban ekonomi masyarakat. 

Made Sunarya menambahkan peserta yang berpartisipasi dalam upacara manusa yadnya tersebut dikenakan biaya pendaftaran atau dana punia. Mengenai biaya pendaftaran sesuai kesepakatan rapat panitia, "mereka yang ikut mebayuh oton dikenakan biaya hanya Rp. 350 ribu sementara yang ikut metatah, mesambutan dan mewinten dikenakan biaya masing-masing Rp. 500 ribu. 

Mereka yang berpartisipasi mendapat sertifikat berisi photo. Sertifikat penghargaan sebagai bukti telah melakukan upacara manusa yadnya.

Sisi lain wujud syukur pengurus dan panitia dalam melayani umat, "peserta dan keluarganya mereka semua sama mendapat snack, kopi, teh, kacang ijo, air mineral dan konsumsi. Diantara partisipasan ada juga yang medana punia dalam bentuk sembako dan jajan. 

Masyarakat yang ikut mebayuh oton, mesambutan, metatah dan pewintenan yang diselenggarakan oleh MGPSSR Selemadeg Timur merasa sangat terbantu secara ekonomi dibandingkan membuat upacara manusa yadnya secara mandiri.

Anak - anak Panti Asuhan SOS Desa Taruna Bantas yang ikut metatah berjumlah 6 orang mereka tidak dipungut biaya alias gratis. Semua peserta diwajibkan membawa daksina pejati dan nunas tirta di merajan masing-masing. 

Hadir pada kesempatan tersebut : Wakil Bupati Tabanan I Made Edi Wirawan, SE, Drs. I Made Urip, M.Si (DPR RI), I Made Muskadana, I Ketut Budi Adnyana (DPRD Tabanan), Perwakilan MGPSSR Kabupaten Tabanan, I Putu Agus Hendra (Camat Selemadeg Timur), Ida Pandita Nitisari, Ida Pandita Griya Teguh Wana dan Ida Pandita Griya Taman Sekar. 

Penutup acara I Made Sunarya selaku Ketua Maha Gotra Pasek Sanak Sapta Rsi Kecamatan Selemadeg Timur mengucapkan terima kasih kepada panitia penyelenggara dan dukungan semua pihak yang turut berpartisipasi sehingga kegiatan berjalan lancar. Mohon maaf apabila ada hal-hal yang kurang berkenan dalam pelaksanaan kegiatan, "pungkasnya. (Adi)