UY0EvzZgeEEo4KiQ1NIivy9VYY1PQHFF9n6p7Enr
Bookmark

Asosiasi BPD Selemadeg Raya Studi Tiru Ke Pandowoharjo

SUARABANTAS.COM, Yogyakarta-Program studi tiru yang diagendakan Asosiasi Badan Permusyawaratan Desa Kecamatan Selemadeg Timur, Kecamatan Selemadeg, Kecamatan Selemadeg Barat dan Kecamatan Pupuan berkunjung ke Desa Pandowoharjo, Sleman, Yogyakarta didampingi I Gusti Made Merta Putra dari Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintah Desa Kabupaten Tabanan Selasa, (16/5) dalam kunjungan tersebut diterima Lurah Pandowoharjo H. Catur Sarjumiharta beserta jajarannya bertempat di Gedung Grha Amarta Desa Pandowoharjo, Sleman, Yogyakarta.

Berdasarkan pemaparan Lurah Pandowoharjo, dalam upaya menumbuhkan ekonomi masyarakatnya, bersama Pemerintah Desa, BPD, masyarakat sepakat membentuk Bumdes sebagai sumber PAD wilayahnya kegiatan usaha tersebut antara lain :
- Tahun 2016 pengelolaan sampah
- Tahun 2017 bidang pertanian bekerjasama dengan gapoktan
- Tahun 2020 pengelolaan kolam renang
APBDes Pandowoharjo sekitar Rp. 7 milyar sementara untuk PAD sekitar Rp. 500 juta.

Membangun Bumdes perlu ada keseimbangan fungsi sosial dan fungsi ekonomi, kehadiran unit usaha Bumdes jangan sampai mematikan usaha sekitar tapi jadikan mereka sebagai mitra dengan segmen pasar yang berbeda.

Sebagai program unggulan tahun 2020-2026 Desa Pandowoharjo memanfaatkan luas lahan sekitar 4,5 hektar. Lahan tersebut dimanfaatkan untuk taman kuliner, lapangan olahraga, joging treck, balai budaya, kolam renang, tempat pengolahan sampah, penyosohan beras dan mesin dryer
Selain mengembangkan budaya dan pertanian upaya lain adalah pengembangan wisata, "ujar Lurah Pandowoharjo.

Desa Pandowoharjo memiliki PAD sekitar 500 juta meskipun belum besar tetapi usaha yang dikelola oleh Bumdes Pondowoharjo masih berjalan sampai saat ini. Diakui dampak pandemi juga berpengaruh pada perekonomian masyarakat.

Membangun usaha Bumdes perlu ada persamaan pemahaman dan mengikuti aturan yang telah ditentukan berdasarkan musyawarah desa, adanya sinergitas antara Pemerintah Desa, BPD dan masyarakat. Organ tertinggi adalah musyawarah desa, "ujar Direktur Bumdes Desa Pandowoharjo Agus Susanto. (Adi)