UY0EvzZgeEEo4KiQ1NIivy9VYY1PQHFF9n6p7Enr
Bookmark

Nyanggra Galungan Berdasarkan Peparuman Desa Adat Bantas Tabel Harga Babi Rp. 37 Ribu Per Kilo Gram

SUARABANTAS.COM, Seltim - Rapat nyanggra Rahina Galungan dan Pujawali Tumpek Kuningan Sabtu, (22/7) jam : 08.30 - 10.00 wita bertempat di wantilan jaba Pura Desa dan Pura Puseh Desa Adat Bantas. Peserta rapat : Bendesa Adat, Prebekel, Ketua Sabha Desa, Ketua Kerta Desa, Klian Se-Desa Adat Bantas, Pecalang, Pemangku Tri Kahyangan, Sapuh dan Juru Sunggi.

Adapun hasil peparuman, "disepakati pelaksanaan Galungan dan Kuningan manut sekadi dresta. Tabel harga babi 37 ribu/kg. Pemasangan Penjor Galungan di Tri Kahyangan sesuai giliran. Sampyan penjor dimasing-masing pemesuan rumah tumpang 1. Sampyan penjor di Tri Kahyangan tumpang 2. Jam mebanten Galungan di Tri Kahyangan pukul 08.00 wita - selesai.

Sementara nyanggra pujawali di Pura Desa dan Pura Puseh yang bertepatan dengan Tumpek Kuningan sane nanggap Br. Adat Bantas Tengah Kaja. Tanggal 25 Juli 2023 yang bertugas mebersih di Pura Dalem Br. Adat Mambang Kaja. 

Kegiatan tanggal 26 Juli 2023 yang bertugas ngayah mebersih di Pura Desa dan Pura Puseh Br. Adat Punut Puhun. Untuk ngaturang ngayah munut pada saat pujawali dikordinir oleh Sapuh Tri Kahyangan. Biaya pujawali dari Desa Adat sebesar Rp. 6 juta. Demikian hasil peparuman di Desa Adat Bantas. Diharapkan pelaksanaannya dapat berjalan lancar dan tertib. (Adi)