UY0EvzZgeEEo4KiQ1NIivy9VYY1PQHFF9n6p7Enr
Bookmark

Setelah Di Pesiar Gede Arnawa Fokus Bangunan Bali

SUARABANTAS.COM, Seltim- UD. Asih Rinjaya beralamat di Br. Mambang Tengah, Desa Adat Bantas, Kecamatan Selemadeg Timur keberadaanya berdiri sejak 15 tahun silam. Melayani : Stil Bali, Jineng Bali dan Bale Bali. I Gede Arnawa selaku pengelola usaha UD. Asih Rinjaya memaparkan kepada Suara Bantas Kamis, (20/7) bahwa usaha yang difokuskan saat ini, melanjutkan estafet usaha yang dirintis oleh penglingsirnya, "ungkap Gede Arnawa.

Gede Arnawa yang alumni Diploma III Sekolah Tinggi Pariwisata tamat tahun 1999 dengan latar belakang bartender, tentu tidak mudah melanjutkan usaha keluarganya tersebut. Berpengalaman di Kapal Pesiar selama 10 tahun sebagai bartender tentu bidangnya berbeda dengan layanan UD. Asih Rinjaya. Namun hal ini tidak menyurutkan niatnya untuk belajar. 

Melanjutkan usaha orang tua dan sebagai anak tunggal diawal kendala yang dihadapi adalah pemasaran. Ia mengatakan butuh waktu sekitar 5 tahun untuk penyesuaian dan sering bertanya kepada penglingsirnya agar bisa memahami tentang pembuatan bangunan ciri khas budaya Bali seperti Jineng, Bale Bali dan Stil Bali, "ujarnya.

Mengenai harga disesuaikan dengan bahan baku serta disesuaikan dengan besar kecilnya bangunan dan tetap prioritas menjaga kualitas. UD. Asih Rinjaya dibantu 8 tenaga kerja dengan sistem harian. Bersyukur pada Ida Sanghyang Widhi Wasa sampai saat ini masih dipercaya oleh masyarakat, "imbuhnya.

Saran Gede Arnawa untuk generasi muda, tetap melestarikan seni dan budaya Bali terutama ciri khas bangunan Bali. Kendala dalam usahanya tersebut terkendala di tukang. Berkurangnya tukang bangunan Bali, "pungkas Gede Arnawa yang juga ngayah sebagai Klian Adat Br. Mambang Tengah. (Adi)