UY0EvzZgeEEo4KiQ1NIivy9VYY1PQHFF9n6p7Enr
Bookmark

Diharapkan Kehadiran Masyarakat Untuk Berpartisipasi Dan Memeriahkan Bantas Festival

SUARA BANTAS.COM, Seltim - Menjelang kegiatan Bantas Festival Wayan Sunadi selaku Ketua Panitia Penyelenggara dari Bantas Art Community, "memaparkan kepada Suara Bantas Kamis, (3/8/2023) mohon support dan dukungan masyarakat untuk nantinya hadir dan memeriahkan acara tersebut. Bantas Festival bertempat di lapangan umum Desa Bantas, Kecamatan Selemadeg Timur, Kabupaten Tabanan.

Tiket yang kami distribusikan ke masing-masing banjar di Desa Adat Bantas harganya sudah sangat murah hanya Rp. 10 ribu saja, digunakan untuk selama tiga hari tanggal 4-6 Agustus 2023 dan tiketnya sudah habis. Tiket masuk untuk umum selama penyelenggaraan Bantas Festival masih tersedia dengan harga Rp. 20 ribu, "ujar Wayan Sunadi.

Ia menambahkan Bantas Festival ini dimeriahkan artis pop Bali dengan tujuan mengangkat potensi masyarakat Bantas seperti seni, budaya, kerajinan dan kuliner. Panitia Bantas Festival menyiapkan 60 stand tenda. Ijin keramaian dari Polres Tabanan sudah dilengkapi. Mohon support dan dukungan masyarakat untuk hadir dan memeriahkan acara Bantas Festival, "imbuh Wayan Sunadi. 

Demikian juga Prebekel Desa Bantas I Gede Ketut Catur Adi Purnawan berharap dukungan masyarakat agar berkenan hadir dan turut berpartisipasi memeriahkan Bantas Festival, "terangnya.

Penggagas acara Bantas Festival I Made Artana Yasa dari team Kerti Bali Sejahtera Provinsi Bali dirinya pulang kampung menggagas ide tersebut selain bertujuan mengangkat potensi desa juga bertujuan melestarikan seni dan budaya masyarakat setempat dengan menampilkan potensi desa, diharapkan dengan adanya Bantas Festival nantinya dapat membantu memasarkan produk lokal agar punya pasar, "ujarnya.

Dikatakan pelaksanaan acara, murni swadaya atau tanpa anggaran. Merealisasikan Bantas Festival kami bekerjasama dengan Desa Adat dan Desa Dinas Bantas yang dikordinir oleh BAC (Bantas Art Community) semoga kedepannya lebih baik dan berkesinambungan, "pungkas Made Artana Yasa.

Sementara Bendesa Adat Bantas I Wayan Wijana terkait dengan acara Bantas Festival, hal ini bisa terealisasi berkat dorongan dan motivasi dari Team Kerti Bali Sejahtera dan Desa Dinas yang berkordinasi dengan Desa Adat. Bendesa Adat Bantas memaparkan walaupun acara ini digagas secara spontanitas, kami Desa Adat membantu sesuai kemampuan.

Bendesa Adat Bantas mendukung kegiatan Bantas Festival sebagai wadah menampilkan potensi desa terutama pelestarian seni dan budaya. Implementasi membangun kearifan lokal yang sejalan dengan dibentuknya PAKIS (Paiketan Krama Istri) Desa Adat Bantas. Apalagi nantinya Bantas Festival dibuka oleh Ibu Gubernur selaku Ketua PAKIS Provinsi Bali.

Pelaksanaan Bantas Festival yang hanya bermodalkan semangat, dan kesadaran masyarakat mendukung acara Bantas Festival tentu hal ini kami apresiasi. Masing-masing banjar adat antusias berpartisipasi menampilkan potensi seni dan budaya dalam acara Bantas Festival tersebut, semangat ini kami apresiasi, "imbuh Bendesa Adat Bantas I Wayan Wijana. (Adi)