UY0EvzZgeEEo4KiQ1NIivy9VYY1PQHFF9n6p7Enr
Bookmark

UPACARA TIGA BULANAN CUCU KEDUA JRO KELIHAN ADAT MAMBANG TENGAH

SUARABANTAS.COM, Seltim - Rangkaian upacara manusa yadnya Tiga Bulanan cucu I Gede Arnawa Jro Kelihan Adat Br. Mambang Tengah, Desa Adat Bantas, Kecamatan Selemadeg Timur. Cucunya yang kedua ini bernama I Made Wangsa Prasta Arnawa. Upacara Tiga Bulanan merupakan upacara yang dilaksanakan ketika bayi telah berusia tiga bulan dalam penanggalan kalender Bali, yaitu pada 105 hari setelah kelahiran.

Selasa, (26/9/2023) aktivitas krama petulung melaksanakan acara nampah, yang dipersiapkan untuk kelengkapan upakara dan juga untuk persiapan konsumsi. Sementara puncak upacara Tiga Bulanan dijadwalkan Rabu, (27/9/2023) yang muput Pekak Deva atau Jro Mangku Mambang. Sebagai wujud syukur dan melestarikan seni budaya, acara Tiga Bulanan tersebut diisi dengan pementasan Sekha Arja dan Gong Selonding.

Upacara Tiga Bulanan memiliki makna sebagai penyambutan dan penyucian kehadiran Sang Hyang Atma di dunia. Tiga bulanan juga bermakna sebagai penyambutan kemunculan unsur Panca Maha Butha dari segala penjuru yang memperkuat fisik serta kejiwaan bayi diikuti dengan pelepasan pengaruh-pengaruh negatif yang dibawa oleh Sang Catur Sanak. 

Mengenai rangkaian tatanan upacaranya hal ini juga disesuaikan dengan desa kala patra setempat. Pada umumnya terdiri dari banten penglepas awon atau pebyakaonan, banten penyambutan, prayascita, peras seda, pejati, jejanganan, banten kumara, tataban, dan banten tebasan pangambeyan. (Adi)