UY0EvzZgeEEo4KiQ1NIivy9VYY1PQHFF9n6p7Enr
Bookmark

Musdes BPD di Bantas Prioritas Pendidikan dan Kesehatan


Camat Seltim I Wayan Sudarya, S.Sos.,M.Si memberikan arahan dalam acara Musyawarah Desa Selasa, 25 Juni 2024 di Desa Bantas, Kecamatan Selemadeg Timur, Kabupaten Tabanan

SUARABANTAS.COM, Seltim - Musyawarah Desa dalam rangka Penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Desa Bantas Tahun Anggaran 2025 yang diselenggarakan pada hari Selasa, 25 Juni 2024 bertempat di Kantor Desa Bantas. Musyawarah Desa adalah wadah penting untuk merumuskan kebijakan dan program pembangunan desa.

Menurut I Wayan Subadianta,S.Sos Ketua BPD Desa Bantas, setelah menyerap aspirasi masyarakat adapun kesepakatan yang ditanda tangani dalam musdes tersebut antara lain:

a. Kesepakatan antara BPD dan Pemerintah Desa terkait Rencana Kerja Pemerintah Desa Bantas Tahun Anggaran 2025 serta pencermatan RPJMdes.
b. Pencermatan dan peningkatan inovasi, sebagai tugas BPD.
c. Pembagian tugas antara BPD Desa Bantas sesuai tugas dan fungsinya, dengan Pemerintah Desa Bantas dalam pelaksanaan program-program pembangunan Desa.
d. Mekanisme pelaporan dan evaluasi program secara berkala.
e. Penyusunan anggaran yang transparan dan akuntabel.
f. Komitmen untuk mencapai visi dan misi pembangunan Desa secara bersama-sama.
g. Tindak lanjut, kesepakatan ini akan dijadikan pedoman bersama dalam pelaksanaan program pembangunan Desa Bantas.
h. Penyerahan Berita Acara:
- Berita Acara Rembug Stunting
- Berita Acara Pencermatan RPJM
- Berita Acara Pokok Pikiran BPD
i. Arah kebijakan Prebekel, sub bidang pendidikan dan kesehatan serta upaya penguatan  badan usaha milik desa
j. Membentuk Team Verifikasi RKPdes 2025
k. Selanjutnya, akan dilakukan rapat koordinasi antara BPD dan Pemerintah Desa Bantas untuk memastikan implementasi kesepakatan berjalan dengan baik.

Turut hadir dalam kesempatan tersebut Camat Selemadeg Timur, Ketua BPD dan Anggota, Prebekel, Sekdes, Staf Kantor Desa Bantas, Pendamping Desa, Kaur Kewilayahan Se-Desa Bantas, Pengurus dan Pengawas Bumdes, Klian Adat, Ketua Karang Taruna, Ketua Sekha Teruna se-Desa Bantas, Bhabinkamtibmas Desa Bantas, Kepala Sekolah Paud Kumara Stana, Kepala Sekolah TK Kumara Mandala dan tokoh masyarakat lainnya.

Badan Permusyawaratan Desa (BPD) selaku penyelenggara Musyawarah Desa (Musdes) mengucapkan terima kasih atas kehadiran serta partisipasi seluruh elemen masyarakat dalam acara Musdes ini, "pungkas I Wayan Subadianta, S.Sos Ketua BPD Desa Bantas. (Adi)