UY0EvzZgeEEo4KiQ1NIivy9VYY1PQHFF9n6p7Enr
Bookmark

Orientasi Lapangan Prebekel Dan BPD Ke Desa Cibiru Wetan

Kepala Desa Cibiru Wetan Supriatna, S.P. bersama jajarannya menerima kunjungan Prebekel dan BPD se-Kec. Selemadeg, Selemadeg Timur, Selemadeg Barat dan Pupuan Selasa, 18 Juni 2024

SUARABANTAS.COM,Bandung - Orientasi Lapangan didampingi I Gusti Made Merta dari Dinas Pemberdayaan Masyakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Tabanan dalam rangka penguatan kapasitas Kepala Desa se-Kec. Selemadeg, Selemadeg Barat, Tabanan dan BPD se-Kec. Selemadeg, Selemadeg Timur, Selemadeg Barat dan Pupuan Kabupaten Tabanan, Bali Dalam Tata Kelola Pemerintahan Selasa, 18 Juni 2024 di Desa Cibiru Wetan, Kecamatan Cileunyi, Kabupaten Bandung, Provinsi Jawa Barat diikuti 92 orang terdiri dari Prebekel dan BPD. Diterima oleh Kepala Desa Cibiru Wetan Supriatna, S.P. bersama jajarannya. 

Keberhasilan yang dicapai oleh Desa Cibiru Wetan, Kecamatan Cileunyi, Kabupaten Bandung Provinsi Jawa Barat adanya sinergitas antara Pemerintah Desa, BPD dan Masyarakat yang dilandasi semangat kebersamaan. Membangun ruang komunikasi seperti program Public Hearing sebagai upaya menumbuhkan kesadaran kolektivitas masyarakat, agar turut berpartisipasi membangun desa. Hal tersebut sejalan dengan tujuan pembangunan nasional. 

Kepala Desa Cibiru Wetan, Supriatna, S.P. dengan rasa syukur menyampaikan bahwa Desa Cibiru Wetan telah meraih 33 penghargaan di tingkat nasional, provinsi, dan kabupaten dalam kategori desa mandiri dan desa anti korupsi.

Meningkatkan ekonomi masyarakat upaya yang dilakukan Desa Cibiru Wetan diantaranya: budidaya tanaman jeruk karena sesuai dengan kondisi alamnya, memberdayakan PKK memproduksi rendang dalam kemasan dengan pasar ekspor dan menjadikan Desa Cibiru Wetan tempat studi banding berbasis digital. 

APBdes Desa Cibiru Wetan sekitar 3,2 milyar rupiah dengan Pendapatan Bumdes Cibiru Wetan tahun ini mencapai sekitar 2 milyar rupiah, sementara tahun 2020 masih dibawah 100 juta. Program wisata studi komparasi/studi banding salah satu pendapatan tertinggi dari kegiatan Desa Cibiru Wetan seperti kunjungan lokus. 

Prebekel dan BPD menyimak Pemaparan Kepala Desa Cibiru Wetan. Mempermudah pelayanan ke masyarakat, "berbasis digital seperti: aplikasi simple, aplikasi balai desa, dan aplikasi keterbukaan informasi dipublikasikan melalui medsos, media penyiaran, live streaming, website

Penguatan layanan publik berbasis aplikasi antara lain: Aplikasi Simple Desa berisi fitur layanan surat menyurat dan penyampaian aspirasi kepada Badan Permusyawaratan Desa (BPD). Layanan Aplikasi Simple Desa ini dikelola secara mandiri dengan fitur-fitur sesuai kebutuhan. Terdapat juga layanan Aplikasi Balai Desa dan Layanan Aplikasi Keterbukaan Informasi digunakan untuk menyebarluaskan informasi tentang kegiatan desa dengan memanfaatkan media sosial, media penyiaran, live streaming dan website. 

Keterbukaan informasi ini sebagai upaya meningkatkan partisipasi masyarakat turut membangun desa. Mendukung perekonomian masyarakat seperti adanya investasi, tanpa ada patokan kontribusi. Dalam 5 tahun Desa Cibiru Wetan meraih 33 penghargaaan Nasional, Provinsi, Kabupaten. Kategori Desa Mandiri dan Desa Anti Korupsi. (Adi