UY0EvzZgeEEo4KiQ1NIivy9VYY1PQHFF9n6p7Enr
Bookmark

Siswa SMPN 2 SELTIM Belajar Siaran Di Radio Global FM Bali, Pelajaran Bahasa Indonesia Erat Kaitannya Dengan Jurnalistik

SUARA BANTAS, Kerambitan. Agenda kunjungan SMPN 2 Selemadeg Timur Selasa, (28/12) ke Radio Global FM Bali merupakan rangkaian kegiatan pelatihan jurnalistik beberapa waktu lalu. Kunjungan ini bertujuan memperkuat pemahaman peserta didik dan lebih mengenal media penyiaran.

Jurnalistik erat kaitannya dengan pelajaran bahasa Indonesia. Peserta didik yang mendapat kesempatan untuk mengenal dunia siaran yaitu :  Ni Putu Aprilda Yastari, Ni Putu Rayfani Callista Deviana, Ni Putu Ratih Dea Gaitrya, Dewa Ayu Putu Alya Pradnya Febriana dan Ni Luh Gede Revina Meysa Yani mereka adalah siswi SMPN 2 Selemadeg Timur.


Estrakurikuler jurnalistik juga sebagai sarana peserta didik mengembangkan minat dan bakatnya dalam ilmu jurnalistik seperti mempersiapkan penyampaian informasi ke publik khususnya di lingkungan sekolah. 

Upaya SMPN 2 Selemadeg Timur menumbuhkan minat siswa untuk belajar jurnalistik, mereka peserta didik difasilitasi radio komunitas untuk menyampaikan ragam informasi dilingkungan sekolahnya dan termasuk dimanfaatkan dalam kegiatan Pramuka, "ujar Ni Made Ariyanti, S.Pd.

Pada umumnya sekolah-sekolah memiliki media majalah dinding atau majalah sekolah sebagai media untuk menyampaikan informasi. Termasuk memanfaatkan siaran radio komunitas yang berkaitan dengan informasi seputar sekolah maupun informasi lainnya yang bermanfaat sebagai sarana untuk mengekspresikan kreatifitas siswa dalam hal jurnalistik.


Manager Siaran Global FM Bali Bram Wijaya pada kesempatan tersebut menjelaskan kepada peserta didik, "siaran dengan format berita hal mendasar yang harus dipahami seorang penyiar adalah kemampuan untuk bertanya, kemampuan untuk beropini, kemampuan untuk menjawab yang disadari dengan rasa. Bagaimanapun gaya dan opini kita, yang penting bisa dipahami oleh pendengar. Bram Wijaya menambahkan untuk mengatasi grogi dalam beropini hal tersebut semua butuh proses, "imbuhnya. 

Setelah memaparkan tentang teknis dunia siaran, peserta didik langsung diajak praktek siaran, yang dikemas dalam program interaktif dari pukul 10.00 - 12.00 wita. Sebagai media  siaran, radio Global FM saat ini bisa didengar, ditonton dan dibaca. (Adi)