UY0EvzZgeEEo4KiQ1NIivy9VYY1PQHFF9n6p7Enr
Bookmark

Yang Sudah Juara Tidak Boleh Ikut Lagi Rangkaian Memperingati Bulan Bahasa Bali Di Desa Adat Bantas

SUARABANTAS.COM, Seltim - Memperingati Bulan Bahasa Bali Desa Adat Bantas menggelar lomba nyurat aksara Bali dan mesatua (tingkat SD), lomba pidarta/pitutur, (tingkat SMP), lomba MC (tingkat SLTA) dan utsawa dharma gita (dewasa) selama satu hari yang dilaksanakan di Balai Banjar Bunut Puhun, Desa Bantas Minggu, (20/2/2022).

Menurut Bendesa Adat Bantas I Wayan Wijana kegiatan ini merupakan yang ke-3 sebagai upaya melestarikan seni dan budaya, menjaga kearifan lokal dan hal ini sesuai dengan komitmen pemerintah untuk melestarikan budaya Bali. Peserta yang sudah ikut lomba sebelumnya dan pernah mendapat juara tidak diperkenankan untuk mengikuti lomba agar pemenangnya tidak monoton, "imbuh Wayan Wijana. 

Pemenang yang mendapat juara diberikan piagam dan dana pembinaan yang disampaikan oleh Ketua Panitia Lomba I Made Suarda. Pelaksanaan kegiatan tetap mematuhi prokes. 

Bulan Bahasa Bali 2022 tidak lepas dari tema Bulan Bahasa Bali Provinsi Bali yaitu “Danu Kerthi Gitaning Toya Ening” yang tercantum dalam Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2017 tentang Pemajuan Kebudayaan. 

Juga diperkuat dengan Pergub Bali Nomor 80 Tahun 2018 tentang Perlindungan dan Penggunaan Bahasa Aksara dan Sastra Bali serta dilengkapi Surat Edaran Gubernur Bali Nomor 8352 tentang Penyelenggaraan Bulan Bahasa Bali IV di Provinsi Bali dan Kota/Kabupaten se-Bali. (Adi)