UY0EvzZgeEEo4KiQ1NIivy9VYY1PQHFF9n6p7Enr
Bookmark

HUT Ke-36 LPD Desa Adat Bantas Edukasi Melek Finansial Dari Usia Dini Dengan Program Simpel

SUARABANTAS.COM, Seltim - Perayaan Ulang Tahun ke-36 Lembaga Perkreditan Desa (LPD) Desa Adat Bantas berlangsung meriah puluhan doorprize dibagikan kepada masyarakat dan diisi berbagai hiburan seperti : senam, menyanyi serta diisi dengan kegiatan jalan santai, "terang Nyoman Tunas Ada Ketua Panitia Penyelenggara. Minggu, 18 September 2022 bertempat di Lapangan Umum Desa Bantas.

Nyoman Darmawan Ketua LPD Desa Adat Bantas berharap kepada masyarakat Bantas, selain eling agar tetap mendukung penuh keberadaan LPD karena setiap tahun 20 persen dari laba dikembalikan lagi ke desa adat, sebab LPD merupakan duwen desa adat, "ujarnya.

Dalam perayaan tersebut LPD Desa Adat meluncurkan program tabungan simpel atau tabungan simpanan pelajar. Bagian dari edukasi dan literasi melek finansial dari usia dini terutama untuk siswa sekolah dasar yang ada di wilayah adat Bantas. Merencanakan masa depan dengan belajar menabung dan mendukung program pemerintah mewujudkan program wajib belajar, "imbuh Nyoman Darmawan.

Sementara himbauan dari Bendesa Adat Bantas I Wayan Wijana, "anak-anak yang masih ditingkat sekolah dasar diharapkan untuk peduli menjaga kebersihan lingkungan sekolahnya, dengan belajar memilah sampah plastik dan sampah organik. Sampah plastik tersebut bisa dijual dan hasilnya ditabung yang sejalan dengan tujuan program tabungan simpanan pelajar. 

Ia menambahkan peran LPD perlu ada dukungan 3 pilar yaitu : Krama, Sumber Daya Manusianya dan Pengawas. Pilar inilah yang wajib saling mendukung agar tujuan LPD dapat tercapai yaitu memperkuat perekonomian Desa Adat,"pungkasnya. (Adi)