UY0EvzZgeEEo4KiQ1NIivy9VYY1PQHFF9n6p7Enr
Bookmark

Sekaa Shanti Diharapkan Bertumbuh Dan Ada Regenerasi

SUARABANTAS.COM, Seltim - Sekaa Shanti Asti Kencana melaksanakan kegiatan latihan meshanti di Bale Banjar Bantas Bale Agung, Desa Bantas, Seltim, Tabanan Senin (29/8/2023) kegiatan latihan mendapat kunjungan dari Jero Bendesa Adat Bantas I Wayan Wijana dihimbau agar serius menekuni dharmagita dan berkesinambungan.

Pesantian erat kaitannya dengan panca yadnya. Kelompok pesantian wajib terbentuk karena hal ini merupakan program pemerintah sebagai upaya melestarikan seni dan budaya Bali, "ujarnya.

Kunjungan yang dilakukan oleh Jero Bendesa Adat kepada Sekaa Shanti dimasing-masing banjar di wilayah Adat Bantas sebagai bentuk dorongan dan motivasi, "sama-sama belajar sebagai upaya melestarikan seni budaya Bali, "imbuhnya.

Sekaa Shanti yang menekuni dharma gita, seperti Sloka, Palawakya, Sekar Agung/Kakawin, Sekar Madia/Kidung, dan Sekar Alit/Macapat. Sangat erat kaitannya dengan  pelaksanaan Panca Yadnya di Bali sebab hal ini sebagai bentuk pemujaan kepada Ida Sang Hyang Widhi Wasa. 

Selain memberikan motivasi kepada Sekaa Shanti, pada kesempatan tersebut Jero Bendesa Adat Bantas I Wayan Wijana juga memberikan dana pembinaan, diharapkan Sekaa Shanti dapat bertumbuh dimasing-masing Banjar terutama dikalangan generasi muda karena erat kaitannya dengan upacara Panca Yadnya di Bali, "pungkasnya. (Adi)