UY0EvzZgeEEo4KiQ1NIivy9VYY1PQHFF9n6p7Enr
Bookmark

Panca Sanak Tawur Madya Di Pura Dalem Desa Adat Bantas

SUARABANTAS.COM, Seltim - Pecaruan Panca Sanak Tawur Madya Mapadudusan Alit dalam rangka menyucikan wewidangan parahyangan di Pura Dalem. Upacara pecaruan ini dipuput oleh Ida Rsi Griya Tasik, Ngis Penebel, Tabanan Sabtu, 14 Oktober 2023. 

Pecaruan dilakukan karena beberapa waktu lalu ada sarang Tabuan Sirah dan bersarang ditiga pelinggih Pura Dalem. Berdasarkan sastra agar tidak berdampak negatif, Pejuru Desa Adat setelah konsultasi dengan Ida Rsi perlu dilakukan suatu ritual upacara Bhuta Yadnya yaitu Pecaruan Panca Sanak Tawur Madya.

Mengenai sarana upakara dibantu oleh Paiketan Krama Istri Desa Adat Bantas. Selain paham upakara yang dipersiapkan, mereka juga memahami secara tatwa, sehingga saat ini ada keseragaman pemahaman tentang upakara yadnya dimasing-masing banjar. 

Dikatakan oleh Bendesa Adat Bantas I Wayan Wijana bahwa suatu peristiwa tentu ada sebab akibatnya dan berharap kepada masyarakat baik itu krama, pemangku bahkan sulinggih agar secara bersama-sama turut menjaga kesucian parahyangan, "pungkasnya.

Hadir dalam upacara pecaruan tersebut : Pejuru Desa Adat, Kelihan se-Desa Adat Bantas, Mangku Tri Kahyangan, Sapuh, Juru Sunggi dan Kerta Desa sebagai penyaksi. (Adi)