UY0EvzZgeEEo4KiQ1NIivy9VYY1PQHFF9n6p7Enr
Bookmark

Ketut Budi Adnyana: Seminar Mengembangkan UMKM Dengan Digital Marketing Dan Akses Kredit Tanpa Agunan

SUARABANTAS.COM, Seltim - Mendukung keberadaan UMKM dan mengembangkan potensi ekonomi kreatif di wilayah Selemadeg Raya Anggota DPRD Tabanan Ketut Budi Adnyana dari fraksi partai Golkar sebagai mediator acara dan memfasilitasi pelaku UMKM dalam acara seminar yang bertema "Seminar Meningkatkan UMKM Berkembang" Jumat, (3/11/2023) di Umadatu Resort Megati Kecamatan Selemadeg Timur, Kabupaten Tabanan. Partisipan yang hadir dalam seminar tersebut sekitar 300-an peserta.

Selain membahas permodalan dan akses cara mendapat kredit tanpa agunan. Peserta juga mendapat edukasi tentang digital marketing, menghadirkan narasumber dari Tokopedia.



Sementara narasumber dari BSN menghimbau, setiap produk yang dipasarkan oleh pelaku UMKM agar ber-SNI tentu hal ini akan meningkatkan kepercayaan masyarakat. 

Badan Standardisasi Nasional (BSN) adalah lembaga pemerintah non kementrian yang bertugas membina, mengembangkan serta mengkoordinasikan kegiatan di bidang standardisasi secara nasional.

Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) diyakini mampu bertahan terhadap krisis ekonomi, seperti dampak pandemi covid-19 beberapa waktu lalu. Sebagai mediator kegiatan Ketut Budi Adnyana berharap kepada para peserta, yang sebagian besar adalah pelaku UMKM agar dapat memanfaatkan informasi yang disampaikan oleh narasumber seperti cara mendapatkan akses permodalan (kredit tanpa agunan), cara membuat produk yang ber-SNI dan membuka ruang pemasaran yang lebih luas dengan digital marketing.

Pelaku UMKM yang hadir sebagai peserta mengapresiasi upaya Ketut Budi Adnyana sebagai mediator, "bahwa seminar seperti ini bermanfaat dan menambah wawasan, "ujar salah satu peserta.

Hadir dalam kesempatan tersebut I Nyoman Wirya Komisi II Anggota DPRD Provinsi Bali. Anggota DPR RI Komisi VI Gede Sumarjaya Linggih, S.E.,M.AP dari fraksi partai Golkar turut berbagi pengalaman dan memberikan motivasi. (Adi)