UY0EvzZgeEEo4KiQ1NIivy9VYY1PQHFF9n6p7Enr
Bookmark

Rembug Stunting dan Rumah Desa Sehat

SUARABANTAS.COM,Seltim-Rembug Stunting dan program Rumah Desa Sehat, memiliki tujuan yang saling terkait untuk meningkatkan kesehatan masyarakat, terutama kesehatan anak-anak dan ibu hamil. Kegiatan Rembug Stunting dan Rumah Desa Sehat dilaksanakan Kamis 06 Juni 2024 bertempat di Bale Banjar Bunut Puhun, Desa Bantas, Kec. Selemadeg Timur. 

Selain itu kegiatan rembug tersebut bertujuan merumuskan program dan kebijakan yang berkelanjutan untuk menurunkan angka stunting. Dalam pencegahan stunting peran kader posyandu sangat penting terkait pencatatan dan pengukuran yang akurat, "guna menentukan status gizi anak. 

Dengan mengoptimalkan peran kader posyandu, melalui peningkatan kapasitas kader posyandu. Nantinya para kader ini diharapkan dapat mendorong partisipasi aktif masyarakat dalam upaya pencegahan penyakit dan peningkatan kesehatan. 

Kegiatan Rumah Desa Sehat adalah pusat pembelajaran masyarakat, literasi kesehatan, penyebaran informasi kesehatan dan promosi kesehatan. Pedoman teknis Rumah Desa Sehat, disusun untuk dijadikan acuan bagi Pemerintah Desa, BPD, dan Masyarakat Desa dalam upaya meningkatkan kualitas layanan kesehatan di Desa yang difokuskan pada upaya promotif dan preventif bidang kesehatan.

Turut hadir dalam kesempatan tersebut:  Prebekel Desa Bantas, Ketua BPD, Pendamping Desa Bantas, PLKB Desa Bantas, Petugas Gizi Puskesmas Seltim 1, Ketua TP PKK (Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga), Kader KPM (Kelompok Pemberdayaan Masyarakat), Kader RDS (Rumah Desa Sehat), Kader TPK (Tim Pendamping Keluarga), Kawil Se Desa Bantas, Kader Balita, Kader Remaja dan Kader Lansia. (Adi