UY0EvzZgeEEo4KiQ1NIivy9VYY1PQHFF9n6p7Enr
Bookmark

Nikmatnya Sambal Terasi Ciri Khas Kuliner Nusantara

SUARA BANTAS. Ragam khas masakan nusantara pada umumnya harus didampingi dengan sambal terasi. 
Dengan berbahan utama cabai, sambal terasi menjadi kreasi sebuah resep santapan pedas yang rasanya khas bercampur terasi yang gurih. Sangat cocok disantap dengan hidangan ikan asin, tahu, tempe, bahkan ayam.

Nikmatnya sambal terasi
Apalagi jika dimakan bersama keluarga, gurihnya terasi akan semakin menghangatkan dan melengkapi suasana. Selain menjadi hidangan pelengkap yang dibuat dengan resep yang dipadukan dan dikreasikan dengan rempah-rempah pilihan, sambal terasi juga mengandung manfaat bagi kesehatan. Berbahan baku udang, sambal terasi mengandung zat gizi protein, vitamin B, dan vitamin D, serta lemak tidak jenuh yang bagus untuk kesehatan jantung asal dikonsumsi dengan tepat.

Sambal terasi ciri khas kuliner nusantara
Berikut salah satu resep sambal terasi pedas gurih enak banget. 

Bahan-bahan :
20 buah cabai rawit, 7 buah cabai merah besar (buang isi), 7 buah cabe merah keriting, 5 siung bawang putih, 7 siung bawang merah, 5 siung bawang putih, 1 buah tomat, garam secukupnya, gula secukupnya, 4 cm terasi, minyak goreng secukupnya.

Cara Membuat : 
Goreng cabai rawit, cabai merah, cabai keriting, bawang putih, bawang merah dan tomat

Bakar terasi hingga harum, jika tidak dibakar, panggang di atas teflon selama beberapa menit hingga cukup kering dan kadar airnya berkurang
Siapkan cobek. Haluskan semua bahan di dalam cobek lalu beri garam dan gula secukupnya. 
Koreksi rasa hingga sambal terasi yang dibuat terasa enak menggugah selera. Untuk mendapatkan sambal terasi yang lebih segar, bisa ditambahkan dengan meneteskan beberapa air jeruk kedalamnya.